Dark/Light Mode

Dukung Layanan Transportasi Ajang MotoGP, Ditjen Hubdat Kemenhub Gelontorkan Rp 21,2 M

Rabu, 16 Februari 2022 20:14 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. (Foto:  Ist)
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Delapan rute domestik tersebut adalah Jakarta- Lombok, Surabaya-Lombok, Denpasar-Lombok, Bima- Lombok, Sumbawa-Lombok, Makassar-Lombok, Kulon Progo-Lombok, dan Labuan Bajo-Lombok.

"Ada delapan rute yang langsung menghubungkan sejumlah tujuan yang langsung menghubungkan kelompok dengan total frekuensi 47 per hari nanti kita akan tambah kalau memang dari Bali ada lonjakan dengan menyediakan air shuttle," ungkapnya.

Baca juga : Menkominfo Dorong Konsolidasi Tata Kelola SKKL

Rute penerbangan terbanyak adalah Denpasar-Lombok yakni 14 kali sementara Jakarta-Lombok sebanyak 13 kali. Novie menjelaskan, ketersediaan tempat duduk selama event MotoGP untuk penerbangan regular sebesar 59.220 dan penerbangan extra/charter sebesar 11.383.

Dengan demikian, total selama periode 12-20 Maret kapasitas sebesar 70.603 tempat duduk. "Disiapkan pengaturan extra flight ataupun change bigger aircraft untuk mendukung pergerakan penumpang MotoGP 2022," jelasnya.

Baca juga : BKS Ngarep Banget Dikasih Tambahan Anggaran Rp 582 M

Setidaknya ada tujuh maskapai yang akan mengangkut penumpang ke Lombok, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Air Asia, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Super Air Jet. Kemenhub juga akan menyiapkan air shuttle khususnya dari Bali ke Lombok.

Air shuttle khususnya disiapkan dari Bali ke Lombok untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari wilayah tersebut. Karena, Bali diperkirakan menjadi alternatif penginapan penonton MotoGP. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.