Dewan Pers

Dark/Light Mode

Warga Luak Limopuluah Bisa Kuasai Eksekutif Dan Legislatif

Jumat, 11 Maret 2022 07:45 WIB
Mantan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. (Foto: Istimewa)
Mantan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengajak masyarakat Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota-red) bersatu menyalurkan hak suara pada pesta demokrasi mendatang.

Ia meminta, masyarakat memberikan suara kepada putra-putri daerah yang maju sebagai calon anggota DPR, DPD, DPRD di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, hingga Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Barat.

“Masyarakat Luak Limopuluah harus bersatu memperjuangkan putra-putri terbaiknya. Kita harus memperjuangkan mereka menduduki kursi di legislatif dan eksekutif, pada Pemilu mendatang,” ujar Irfendi, kemarin.

Berita Terkait : Golkar Kota Bandung Ajak Semua Pihak Tekan Kekerasan Seksual

Jika masyarakat Luak Limopuluah bersatu, sambung dia, putra-putri terbaik di daerah itu memiliki potensi lebih besaruntuk mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), hingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Bahkan, tegas dia, putra-putri terbaik Luak Limopuluah bisa memenangkan Pemilu Gubernur (Pilgub) Sumatera Barat, karena jumlah pemilih di dua daerah ini lebih dari 400 ribu suara.

“Bayangkan, jika Luak Limopuluah masing-masing punya dua orang wakil di DPR dan DPD. Selain itu, kita memiliki banyak anggota dewan di DPRD Sumatera Barat (Sumbar) dan Gubernurnya juga dari Luak Limopuluah. Pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh pasti akan cepat berkembang,” jelas dia.

Berita Terkait : Lestari Ajak Lebih Banyak Kaum Perempuan Terjun Ke Politik

Lebih lanjut, Irfendi meminta masyarakat Luak Limopuluah melakukan evaluasi terhadap hasil Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pilkada sebelumnya. Menurut dia, masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh rugi, karena memberi suara kepada orang di luar putra-putri terbaik daerah.

Buktinya, lanjut dia, para calon yang kini telah mencapai tujuan politiknya, duduk di kursi legislatif dan eksekutif, tidak memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah Luak Limopuluah. “Bercermin dari pengalaman itu, saya masyarakat Luak Limopuluah harus bersatu dalam memberi hak suara pada Pileg dan Pilkada mendatang,” cetusnya.

Namun begitu, Irfendi tak mengusung bakal calon atau nama-nama yang akan ia jagokan dalam mengikuti pesta demokrasi mendatang. Ia meyakini, mayarakat Luak Limopuluah telah memiliki kematangan dan kedewasaan dalam membangun iklim demokrasi di daerah.

Berita Terkait : Berkas Perkara Dilimpahkan, Bupati Kuansing Andi Putra Segera Diadili

“Siapa pun figur atau tokoh yang maju sebagai calon dalam Pileg dan Pilkada Sumatera Barat, nanti kita pelajari bersama. Sekarang, mari kita satukan tekad dan dukungan untuk memilih putra-putri terbaik dari Luak Limopuluah,” pungkasnya. [EDY]