Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nggak Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Semoga Dua Minggu Lagi Masuk Endemi

Jumat, 13 Mei 2022 07:55 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemenko PMK)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah bersiap menuju endemi Covid-19. Syaratnya, dua sampai tiga minggu setelah Lebaran tidak ada lonjakan kasus positif Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengakui, Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari pandemi menuju fase endemi. Hal itu didasari oleh beberapa indikator dan dari data-data.

Baca juga : Korut Akhirnya Resmi Umumkan Kasus Covid, Seluruh Wilayah Langsung Lockdown

“Intinya, dilihat dari angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit. Angka kematian sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada,” kata Muhadjir di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, kemarin.

Dia menyatakan, berdasarkan survei internal yang telah dilakukan Kemenko PMK di 18 Rumah sakit DKI Jakarta pada Februari 2022, angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia telah turun di peringkat ke-14.

Baca juga : Harga Migor Masih Mahal

“Yang paling tinggi kematian itu kanker, kemudian pneumonia, pneumonia nonspesifik. Sekarang Covid-19 yang meninggal sudah di ranking 14. Jadi, sudah bukan lagi ancaman,” ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.

Meski kasus Covid-19 sudah semakin membaik, Muhadjir meminta masyarakat tetap waspada. Mengingat, kasus meninggal dan yang terjangkit juga masih ada.

Baca juga : Waspada Kenaikan Kasus Dua Minggu Usai Lebaran

“Tetapi dilihat dari beberapa indikator itu, kita sebetulnya de facto (secara fakta) sudah menuju ke endemi,” terangnya.

Dia menjelaskan, transisi pandemi ke endemi ini dipertaruhkan setelah libur Idul Fitri. Apabila pasca Idul Fitri tidak ada tambahan kasus yang signifikan, maka akan segera menjadi endemi Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.