Dark/Light Mode

Nggak Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Semoga Dua Minggu Lagi Masuk Endemi

Jumat, 13 Mei 2022 07:55 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemenko PMK)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (Foto: Dok. Kemenko PMK)

 Sebelumnya 
“Taruhannya setelah libur tahun ini. Kalau nanti setelah Idul Fitri, dua minggu atau tiga minggu tidak ada kenaikan kasus, optimis segera transisi ke endemi,” tandas Muhadjir.

Terpisah, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari pandemi menuju fase endemi.

Baca juga : Korut Akhirnya Resmi Umumkan Kasus Covid, Seluruh Wilayah Langsung Lockdown

“Bisa dikatakan saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi,” ujar Wiku.

Dasarnya, penularan Covid-19 di Indonesia sudah berkurang signifikan. Data Satgas Covid-19 mencatat angka kasus berada di bawah 1.000 selama 25 hari terakhir. Selain itu, angka keterisian tempat tidur rumah sakit berada di angka 2 persen, begitu pula angka kematian menurun.

Baca juga : Harga Migor Masih Mahal

Akhir April lalu, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Pemerintah akan hati-hati dalam masa transisi dari pandemi menuju endemi.

“Saya tidak ingin kayak negara-negara lain, buka masker, ndak, ini masih ada transisi,” tegasnya.

Baca juga : Waspada Kenaikan Kasus Dua Minggu Usai Lebaran

Dalam Sidang Kabinet Paripurna (9/5), Jokowi juga memastikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih terus diterapkan, meski kasus aktif harian Covid-19 di Tanah Air sudah menurun. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.