Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Korut Akhirnya Resmi Umumkan Kasus Covid, Seluruh Wilayah Langsung Lockdown

Kamis, 12 Mei 2022 08:42 WIB
Ilustrasi Coronavirus (Foto: Net)
Ilustrasi Coronavirus (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Korea Utara (Korut) akhirnya resmi mengkonfirmasi kehadiran pandemi Covid-19 pada Kamis (12/5). Tak buang waktu, negara yang dipimpin Kim Jong Un itu langsung memerintahkan lockdown nasional.

BA.2 yang merupakan sub-varian Omicron yang sangat menular, kini telah terdeteksi di Pyongyang.

"Ada insiden darurat terbesar di negara ini. Dengan lubang yang menganga di bagian depan karantina darurat, yang selama ini disimpan dengan aman selama dua tahun tiga bulan terakhir sejak Februari 2020," demikian pernyataan KCNA, Kamis (12/5).

Baca juga : Luhut Berbunga-bunga

Laporan tersebut hanya mengungkap orang-orang di Pyongyang tertular varian Omicron, tanpa memberikan informasi rinci mengenai jumlah kasus atau kemungkinan sumber infeksi.

"Kim telah memerintahkan semua kota dan kabupaten di seluruh negeri, untuk menerapkan lockdown. Demi memblokir transmisi virus berbahaya," imbuh KCNA.

Laporan itu disampaikan, bersamaan dengan digelarnya rapat Partai Buruh yang dipimpin Kim Jong Un, yang membahas respons pemerintah Korut terhadap situasi pandemi pertama di negara tersebut.

Baca juga : Shanghai Lockdown Lagi

Sebelumnya, rezim Kim Jong Un membantah keberadaan kasus Covid di negaranya. Namun, klaim ini diragukan oleh para ahli di Amerika Serikat, Jepang, dan banyak negara lainnya.

Korut juga dilaporkan menolak vaksin dari negara luar. Pengiriman vaksin ke Korut terpaksa ditunda, karena negara itu tidak mau mengikuti aturan Covax, organisasi WHO yang mendukung akses kesetaraan vaksin.

Agustus 2020, Korut mengatakan, pengembangan vaksin untuk melawan Covid di negaranya terus melaju. Namun, sejak saat itu, mereka nyaris tak pernah bicara soal vaksin.

Baca juga : Indonesia Harus Waspada, Kasus Covid Di Dunia Mulai Merangkak Naik

Jika pandemi Covid-19 merajalela, Korea Utara sepertinya bakal kelimpungan karena sistem perawatan kesehatan di negara mereka terbilang kuno. Apalagi, jika tak dipersenjatai dengan vaksin Covid. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.