Dark/Light Mode

BUMDesa Mampu Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi Desa Yang Berkeadilan

Sabtu, 16 Juli 2022 17:05 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Semuanya akan sah, jika diputuskan dalam musyawarah desa kembali. Untuk memastikan berlangsungnya one village one BUMDesa, sistem pendaftaran resmi BUMDesa di bumdes.kemendesa.go.id hanya menerima satu BUMDesa dari satu desa.

"Satu desa tidak bisa mendaftar lebih dari satu BUM Desa. Dan, nama BUMDesa yang telah disetujui, yang telah ditandatangani Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi sendiri, tidak bisa diubah kembali. PP 11/2021, Permendesa 3/2021, dan Permenkumham 40/2021 merumuskan langkah-langkah pemrosesan badan hukum BUM Desa," terang Gus Halim.

Untuk membina BUMDesa, Kementerian Desa PDTT mengambil peran penting sebagaimana layaknya notaris, menerima dokumen BUMDesa, menelaah dan mendiskusikan perbaikannya, hingga menentukan kelengkapan dokumen.

Baca juga : Bank Dunia Nilai Indonesia Stabil Jaga Perekonomian Kisaran 5 Persen

Selanjutnya, secara elektronik hasil telaah Kemendes PDTT disampaikan kepada Kemenkumham. Dalam hitungan detik, setelah lulus dari pemeriksaan KemendesPDTT, maka Kemenkumham mengeluarkan nomor badan hukum BUMDesa tersebut.

"Sampai 14 Juli 2022, telah dikeluarkan nomor badan hukum bagi 7.616 BUM Desa dan 280 BUMDesa Bersama," ungkap mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Lebih lanjut, turunan Undang-undang Cipta Kerja menguatkan posisi BUM Desa, sekaligus meluaskan peluang usahanya. Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUMDesa sudah meluaskan ruang usaha BUMDesa.

Baca juga : NOC Optimistis AWBG 2023 Bali Mampu Percepat Pemulihan Ekonomi Dan Pariwisata

Kerja sama BUMDesa tidak lagi dibatasi wilayah sekecamatan dan sekabupaten. Kini kerja sama BUMDesa bisa melampaui kabupaten/kota dan melintasi provinsi. BUMDesa Bersama tidak hanya didirikan antar desa sekecamatan, namun kini boleh sampai lintas provinsi.

"Ukuran keberhasilan BUMDesa adalah manfaatnya dalam meningkatkan kesejahteraan warga desa. Sumbangan BUMDesa untuk PADes menempati prioritas berikutnya," pungkas Gus Halim.

Turut hadir dalam acara itu Rektor Universitas Airlangga (Unair) Muhammad Nasih, Kepala BPSDM Luthfiyah Nurlela, Kepala BPI Ivanovich Agusta dan perwakilan BRI. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.