Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Energy Transitions Ministerial Meeting

Menteri ESDM Senang, Inisiatif Bali COMPACT Disetujui Negara G20

Sabtu, 3 September 2022 08:52 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat menyampaikan keterangan pera dalam acara Energy Transitions Ministerial Meeting di Bali, Jumat (1/9). (Foto: Humas ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat menyampaikan keterangan pera dalam acara Energy Transitions Ministerial Meeting di Bali, Jumat (1/9). (Foto: Humas ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para Menteri Energi negara-negara G20 menyepakati Bali Common Principles in Accelerating Clean Energy Transitions (COMPACT).

Dokumen ini merupakan prinsip-prinsip dasar dalam mempercepat transisi energi, yang akan menjadi pondasi dan acuan bagi negara anggota G20, dalam percepatan transisi energi.

"Kami sangat senang, karena inisiatif kami, yakni Bali COMPACT disetujui oleh semua negara anggota G20. Ini artinya, sekali lagi, Bali akan diakui sebagai pulau yang memproduksi hal bermanfaat bagi masyarakat dunia," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, dalam keterangan pers di hadapan media, usai menutup Sidang Energy Transitions Ministerial Meeting (ETMM) Presidensi G20 Indonesia, di Nusa Dua Bali, Jumat (2/9).

Baca juga : Menteri ESDM Ingin Anak Muda Ikut Wujudkan Energi Bersih

Bali COMPACT akan disahkan dalam Konferensi Tingkat Tinggi Para Pemimpin Negara G20 di Bali, November mendatang.

Arifin juga mengatakan, diskusi yang dilakukan Menteri-Menteri Energi ini menghasilkan Chair's Summary. Atau catatan dari seluruh intervensi yang disampaikan pada Energy Transitions Working Group (ETWG) di Yogyakarta, Labuan Bajo, dan terakhir di Bali.

"Chair's Summary adalah output dari ETWG dan ETMM . Kami menuangkan seluruh isi diskusi yang telah dikemukakan  selama rapat dan diskusi berlangsung," tambah Arifin.

Baca juga : Menteri ESDM Kenalkan Budaya RI Ke Delegasi ETWG

Selain Bali COMPACT, Indonesia juga mengajukan Bali Energy Transitions Roadmap, sebagai inisiatif untuk memberikan kontinuitas pada agenda global, dalam memperkuat kerja sama internasional dan arsitektur energi.

"Roadmap Presidensi ini menetapkan aksi multi-years sukarela untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), dan meletakkan jalur menuju Net Zero Emission (NZE) atau Karbon Netral, sesuai dengan kondisi nasional," tandasnya.

Peta jalan ini memberikan kerangka kerja untuk mempercepat transisi energi melalui tiga prioritas utama. Yakni pengamanan aksesibilitas energi, peningkatan teknologi energi pintar dan bersih, serta memajukan pembiayaan energi bersih.

Baca juga : Menteri ESDM: Bisa Hemat BBM 240 Juta Liter Per Hari

"Tindakan-tindakan yang dilakukan pada ketiga prioritas ini merupakan dasar untuk bekerja. Menuju rencana aksi G20 yang lebih luas. Demi mempercepat transisi energi yang bersih, berkelanjutan, adil, terjangkau, dan dapat dipertimbangkan sebagai program kerja Presidensi G20 berikutnya," pungkas Arifin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.