Dark/Light Mode

Kumpulkan Menteri Pendidikan G20 Di Borobudur

Kemendikbudristek Perkuat Komitmen Pemulihan Seni Dan Budaya

Senin, 12 September 2022 11:47 WIB
Candi Borobudur. (Foto: Ist)
Candi Borobudur. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Cagar budaya tersebut yaitu Sangiran, Liang Bua, Leang-Leang, Gugus Misool (Raja Ampat), Sangkulirang, Lore Lindu, Kutai, Tarumanegara, Kompleks Dieng, dan Borobudur.

Kemudian, Candi Mendut, Candi Pawon, Prambanan, Candi Gunung Kawi, Muara Takus, Muaro Jambi, Candi Jago, Candi Singosari, Trowulan, dan Candi Bahal.

Baca juga : Kemendikbudristek Usulkan Tambahan Anggaran Rp 10,15 Triliun

"Hasil narasi tersebut akan diwujudkan dalam bentuk atraktif seperti Selametan, Festival Cahaya, video pemetaan (mapping) seni pertunjukan dan instalasi, pertunjukan seni kontemporer serta Festival Film Tari. Harapannya, masyarakat yang akan menikmati Festival Indonesia Bertutur akan mendapatkan edukasi, inspirasi dan pengalaman," bebernya.

Berbagai praktik kebudayaan di Indonesia telah ditayangkan di platform Indonesiana TV. Koordinator Umum Indonesiana TV, Heni Wiradimaja mengungkapkan bahwa khusus untuk acara G20 bidang kebudayaan, selain menayangkan secara langsung keseluruhan Festival Indonesia Bertutur 2022, turut pula ditayangkan Konser band Senyawa, Ruwatan Bumi dan Orkestra.

Baca juga : KPK Tutup Celah Korupsi Jalur Mandiri Masuk Kampus

"Sebagai informasi Ruwatan Bumi dan Orkestra merupakan pertunjukan terbatas. Hal ini untuk menjaga kekhusyukan acara. Namun masyarakat dapat menyaksikannya secara eksklusif di Indonesiana TV," terang Heni.

Tak lupa, Heni mendorong masyarakat untuk memiliki kesadaran atas pentingnya menghargai nilai-nilai dari leluhur. Dimulai dari diri sendiri untuk menjadi sosok yang sadar tentang nilai yang diturunkan dari para leluhur untuk mencapai kehidupan berkelanjutan.

Baca juga : Kemendikbudristek Resmi Terima Sertifikat Hak Pakai Tanah Candi Borobudur

"Nilai tersebut diejawantahkan menjadi pesan besar dari pertemuan G20 bidang kebudayaan ini dan masyarakat dapat menikmatinya melalui tayangan yang disiarkan melalui platform indonesiana.tv," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.