Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenkominfo Gelar Kelas Literasi Digital Guru TIK Di Kota Sorong

Rabu, 12 Oktober 2022 14:32 WIB
Kemenkominfo menggelar program literasi bertajuk Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru di Wilayah 3T, di Swiss-Bel Hotel, Kota Sorong. (Foto: Ist)
Kemenkominfo menggelar program literasi bertajuk Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru di Wilayah 3T, di Swiss-Bel Hotel, Kota Sorong. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI Kominfo) berkolaborasi dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusdatin Kemendikbud Ristek) menggelar program literasi.

Program literasi digital itu bertajuk Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru di Wilayah 3T, di Swiss-Bel Hotel, Kota Sorong, pada 26-30 September 2022.

Staff dari Pusdatin Kemendikbud Sundoro mengatakan, acara tersebut dihadiri oleh 80 Guru di Kota Sorong, kelas literasi digital ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru

Baca juga : Kemenkominfo Dan Kemendagri Berikan Literasi Digital ASN Banten

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang digital guna menunjang layanan pendidikan di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

“Platform yang saat ini sering kita gunakan yakni platform Merdeka Mengajar, platform sumber daya sekolah, akun pembelajaran belajar.id, yang tentunya sangat membantu sekali dalam proses belajar mengajar," kata Sundoro, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (12/10).

Dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar, terdapat enam strategi untuk penguatan komunitas belajar bagi pendidik yang berpusat pada komunitas belajar bagi pendidik.

Baca juga : Kemenkominfo Kasih Tips Ubah Hobi Menjadi Bisnis

Yaitu, melakukan sosialisasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara massal, mengikuti seri webinar yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah, hingga melakukan pengelolaan komunitas belajar di satuan pendidikan di tingkat daerah maupun komunitas dalam jaringan.

Pada kesempatan ini, Kemenkominfo juga menyajikan kelas Literasi Digital bagi para guru TIK. Kelas diisi oleh Mira Sahid selaku Wakil Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Dia menyampaikan mengenai empat pilar literasi digital dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Selain menyampaikan materi, Mira Sahid juga memberikan tips supaya aman dalam bermedia digital.

Baca juga : Kemenkominfo Perkuat Literasi Digital Di Bali

“Kita semua bisa menjadi agent of change dalam merespon banyaknya konten negatif yang beredar. Hal itu dapat dilakukan mulai dari circle terkecil kita, seperti keluarga, sekolah, hingga masyarakat di sekitar kita,” kata Mira.

Mira juga memaparkan materi mengenai content creator. Menurutnya, semua orang dapat menjadi content creator, yang berarti juga menjadi seorang great communicator. Untuk menjadi seorang content creator, harus memiliki kemampuan berkomunikasi.

Hal tersebut bukan berarti hanya melalui kemampuan public speaking, akan tetapi bisa melalui tulisan dan visual. Ia juga memberikan tips membuat story telling dengan konsep Attention, Interest, Desire, dan Action (AIDA) dalam keperluan membuat konten yang baik dan menarik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.