Dark/Light Mode

Bertemu Di Bali

Tony Blair Puji Erick

Selasa, 18 Oktober 2022 07:33 WIB
Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat diskusi panel I State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (17/10). (Foto: Antara)
Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair (kanan) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) saat diskusi panel I State-Owned Enterprises (SOE) International Conference di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Senin (17/10). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair memuji kinerja Menteri BUMN, Erick Thohir dalam melakukan transformasi perusahaan pelat merah. Menurut dia, di bawah kepemimpinan Erick, BUMN berhasil berkembang pesat.

Pujian itu disampaikan Tony Blair saat menjadi pembicara pada diskusi panel State Owned Enterprises (SOE) International Conference yang digelar di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, kemarin.

SOE International Conference dibuka Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut B Pandjaitan. Acara yang mengusung tema Driving Sustainable and Inclusive Growth ini digelar dari 17-18 Oktober 2022. Dalam kesempatan ini diluncurkan juga program Indonesia Water Fund (IWF) oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin secara daring, sebagai upaya meningkatkan akses air bersih bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga : Prabowo Dan Erick Merapat Mendekat

Sebelum acara dibuka Luhut, Erick, dan Tony Blair berkeliling bersama di lokasi SOE International Conference. Mereka asyik berbincang sambil melihat capaian-capaian BUMN.

Dalam laporannya, Erick menyampaikan, terima kasih kepada Wakil Presiden, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, serta Kementerian Perdagangan yang telah mendukung perhelatan akbar ini. Menurut dia, kegiatan ini sebagai bagian dari rangkaian Road to G20 dalam Trade, Investment and Industry Working Group (TIIWG).

"Kegiatan ini juga dapat menjadi momentum yang tepat, untuk menginformasikan kepada komunitas internasional. Mengenai berbagai upaya Kementerian BUMN menjadi lebih transparan, sebagai bagian dari komitmen keterbukaan informasi publik," ujar Erick.

Baca juga : Pengamat Apresiasi Nyali Besar Menteri Erick Menata PMN

Usai pembukaan acara dilanjutkan dengan diskusi panel. Pada diskusi panel pertama, hadir sebagai pembicara Erick dan Tony Blair.

Dalam paparannya, Erick mengatakan, pihaknya terus melakukan transformasi BUMN secara menyeluruh sejak 2019. Transformasi yang baru mencapai 80 persen itu, ditargetkan rampung pada 1,5 tahun ke depan. "Saya sangat bersyukur, kerja keras kami selama 3 tahun ini berbuah manis. Kinerja BUMN 2021 menunjukkan peningkatan yang signifikan," tutur Erick.

Peningkatan revenue BUMN dilaporkan tumbuh 18,8 persen pada 2020-2021, menjadi Rp 2.295 triliun. Sementara laba konsolidasi, naik 838,2 persen dari Rp 13 triliun pada 2020 menjadi Rp 124,7 triliun pada 2021. Secara konsolidasi, total aset BUMN tercatat sebesar 630 miliar dolar AS atau sekitar Rp 8.978 triliun. Setara 53 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Baca juga : Bertemu Grand Syaikh Al-Azhar, JK Puji Peran Alumni Al-Azhar

Tak cuma itu, kepemimpinan muda dan perempuan sudah menunjukkan progress yang positif. Tahun lalu, kepemimpinan perempuan di jajaran direksi telah mencapai 15 persen dari target 25 persen. Sementara kepemimpinan muda, telah mencapai 5 dari target 10 persen pada 2023. "Transformasi ini akan terus kami terus lakukan, agar BUMN dapat semakin memberikan kontribusi yang maksimal untuk Indonesia, dan mampu menjadi pemain global," ungkap Erick.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.