Dark/Light Mode

Target Pemerintah

Sampah Laut Berkurang 70 Persen

Minggu, 6 November 2022 07:55 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Kemenko Marves)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Kemenko Marves)

 Sebelumnya 
Luhut juga meyakini, ko­laborasi ini akan jadi momentum yang baik untuk menjawab tan­tangan global untuk mengalah­kan polusi plastik.

“Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia siap mengambil bagian dari babak baru ini,” ajak dia.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves Nani Hendiarti menambah­kan, komitmen Indonesia untuk mencapai target pengurangan sampah laut hingga 70 persen pada 2025.

“Komitmen serius dari pemerintah Indonesia dalam memerangi masalah sampah plastik laut melalui penetapan Perpres Nomor 83 Tahun 2018 ten­tang Penanganan Sampah Laut dengan target 70 persen penanganan sampah laut di tahun 2025,” kata Nani, di acara yang sama.

Baca juga : Nih Cara Cek Penerima STB Gratis Bagi Yang Berhak

Nani menegaskan, untuk men­capai target tersebut, Pemerintah bersama para pemangku ke­pentingan telah berupaya untuk mengambil langkah-langkah yang tidak biasa guna memasti­kan terjadinya percepatan pengelolaan sampah dan mencegah kebocoran sampah laut.

“Upaya ini pun turut diperkuat dengan kontribusi pengurangan sampah dari produsen manu­faktur, ritel, dan jasa makanan dan minuman, untuk melakukan kegiatan pembatasan, pendauran ulang atau guna ulang produk dan kemasannya, sebagai ben­tuk tanggung jawab produsen,” ungkapnya.

Pemerintah Indonesia, lanjut Nani, juga menyadari urgensi pencapaian target tersebut dengan mendorong terbentuknya Indonesia NPAP yang telah di­luncurkan sejak 2019.

NPAP telah menjadi platform multi pemangku kepentingan yang menghubungkan pembuat kebijakan, pakar, pemimpin bisnis, organisasi masyarakat sipil, dan akademisi melalui lima gugus tugas yaitu kebijakan, pembiayaan, inovasi, perubahan perilaku, dan metrik.

Baca juga : Lestari Ingatkan Pentingnya Penanaman Nilai Kebangsaan Sejak Dini

Sekretariat Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut telah menghitung capaian dan pengurangan sampah plastik yang masuk ke laut sebesar 28,5 persen dari tahun 2018 hingga akhir 2021.

Capaian tersebut diproyeksi­kan akan mencapai pengurangan hingga 38,5 persen pada akhir 2022.

“Pemerintah menyadari bahwa upaya pengurangan sampah plas­tik tidak dapat dilakukan sendiri, karena itu pemerintah mengapre­siasi dunia usaha, asosiasi, akade­misi, dan inovator yang turut serta mendukung pengurangan sampah plastik laut,” jelasnya.

Nani menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan di semua sektor, di mulai dari sektor hulu dengan melahirkan kebijakan alternatif pengganti bahan plas­tik untuk memitigasi timbunan sampah.

Baca juga : Kasus Covid Naik Lagi, Luhut Pastikan Pemerintah Tetap Terapkan PPKM

Demikian pula di sektor hilir dengan berupaya untuk meningkatkan rasio penanganan sampah melalui kegiatan pemi­lahan, pengumpulan, pengang­kutan, pendauran ulang dengan pendekatan prinsip ekonomi sirkular dan penerapan teknologi yang sesuai dengan jenis dan karakteristik sampah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.