Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Layanan Publik Di Kemenag Bakal Digitalisasi

Gus Yaqut: Saya Ingin Bisa Diakses Dalam Genggaman

Kamis, 24 November 2022 07:55 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dok. Kemenag)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Dok. Kemenag)

 Sebelumnya 
Inspektur Jenderal Kemenag Faisal Ali Hasyim menjelas­kan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) yang efektif, ada tiga.

Pertama, memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi dan afektivitas pencapaian tujuan pe­nyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pemerintah.

Kedua, memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko da­lam penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi Pemerintah.

Baca juga : Waktunya Nggak Pas, Pakar Digital Minta Kebijakan ASO Dikaji Ulang

Ketiga, menurut dia, memeli­hara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi pe­merintah.

“Berkaitan dengan peran terse­but, ada tiga hal yang ditekankan Pak Menteri Agama kepada kami selaku Irjen Kemenag,” ujar Faisal dalam sambutannya.

Pertama, memastikan pelayanan publik melalui transfor­masi digital berjalanan baik.

Baca juga : Jenderal Listyo Sigit: Polri Tak Bisa Lepas Dari Ulama

Kedua, memastikan sistem pengendalian intern sudah efek­tif untuk mencegah praktik transaksional dalam pelayanan publik. Ketiga, selalu proaktif dan respons cepat atas segala permasalahan di Kemenag.

Acara ini diselenggarakan secara hybrid dengan mengundang seluruh Unit Eselon I, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, dan Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi.

Serta, diikuti Kepala Balai Diklat Keagamaan, Kepala Badan Litbang Agama se-Indo­nesia, untuk hadir langsung di lokasi. Sementara untuk Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota hadir secara virtual.

Baca juga : Kemenkominfo Dan Kemendagri Berikan Literasi Digital ASN Banten

Rapat tersebut digelar Inspektorat Jenderal Kemenag. Tema yang diusung, Transformasi Pengawasan Inspektorat Jenderal Menjadi Organisasi yang Adaptif dan Agile.

Dari rapat ini diharapkan ter­jadi transformasi pengawasan dan memberikan perbaikan pada tata kelola Kemenag. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.