Dark/Light Mode

Resmikan Warung NKRI Jember

BNPT Ajak Pramuka Jatim Ingatkan Anak Muda Bahaya Propaganda Destruktif

Minggu, 4 Desember 2022 23:20 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) kembali meresmikan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan NKRI atau Warung NKRI berlokasi di City Forest & Farm Jember, Jawa Timur (Jatim), Minggu (4/12).

Pembentukan Warung NKRI yang pertama di Jember ini melibatkan Kwartir Jatim, akademisi kampus di wilayah Jember, dan didukung oleh pemerintah daerah.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengajak pramuka Jatim untuk proaktif meningkatkan kewaspadaan masyarakat terutama anak muda terhadap propaganda yang destruktif melalui Warung NKRI.

Baca juga : Moeldoko : Kenaikan Tarif Pembayaran BPJS Ke RS Jangan Sampai Membuat BPJS Defisit

"Pramuka ini menjadi sarana komunikasi bagi teman sebayanya dalam membangun kebhinekaan dan karakter keindonesiaan, ketahanan anak muda dan kewaspadaan kita harus ditingkatkan," kata Boy, saat memimpin apel peresmian Warung NKRI dan dialog kebangsaan.

Mantan Kapolda Papua ini berharap kehadiran Warung NKRI Jember dapat merevitalisasi nilai Pancasila, memperkuat narasi positif di tengah maraknya disinformasi, serta mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat.

"Kita buka ruang publik dengan dialog-dialog ringan, semoga ini semakin membumikan suara emas kebangsaan yang harus kita lemparkan ke ruang publik di tengah distorsi informasi hari ini," tegasnya.

Baca juga : BNPT Ajak Masyarakat Ikut Lawan Propaganda Radikal Di Medsos

Di acara yang sama, Kepala Bakesbangpol Provinsi Jatim R. Heru Wahono Santoso mengapresiasi program soft approach BNPT khususnya di Provinsi Jatim.

Menurutnya, Warung NKRI merupakan wujud inovasi pencegahan radikalisme dengan mengerahkan seluruh kekuatan negeri.

"Kami mengapresiasi berdirinya Warung NKRI Jember, sebuah program soft approach dengan pemberdayaan ekonomi yang menjadi pelopor dalam mewujudkan revitalisasi nilai Pancasila," ujar Heru.

Baca juga : Resmikan Gedung Baru, BPRS Artha Madani Buka Layanan Personal Banking

Heru bilang, Warung NKRI merupakan inovasi pencegahan radikalisme dengan pelibatan peran serta semua pihak untuk bersama meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Warung NKRI merupakan salah satu program Sinergisitas pencegahan terorisme yang dilakukan BNPT RI bersama pemerintah di level pusat dan daerah, akademisi, komunitas, media, dan pelaku usaha.

Selain menjalankan fungsi warung, Warung NKRI juga akan menjadi ruang diskusi dan dialog terkait nilai-nilai kebangsaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.