Dark/Light Mode

Antisipasi Perubahan Iklim

Pertemuan Jokowi Dan Biden Bakal Terus Ditindaklanjuti

Minggu, 18 Desember 2022 07:55 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Foto: Kementerian LHK)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. (Foto: Kementerian LHK)

 Sebelumnya 
Karena itu, segala bentuk kerja sama akan ditindaklanjuti tahapannya demi menjaga bumi di masa depan.

“Kita dapat menunjukkan bahwa kemitraan kita bukan hanya janji, tetapi direalisasi­kan ke dalam aksi-aksi iklim,” tegasnya.

Adapun kemitraan perubahan iklim yang baru ini akan men­cakup dukungan untuk melestarikan orangutan dan juga spe­sies karismatik lainnya, seperti gajah, harimau, dan badak di Sumatera dan Kalimantan.

Baca juga : Pemerintah Harus Jaga Iklim Investasi Dan Perkuat Bantalan Sosial

Mendukung upaya konser­vasi yang sedang berlangsung, Kemitraan ini akan memperkuat kerjasama dengan KLHK mela­lui Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

Serta, memperkuat kolaborasi antara pemangku kepentingan terkait agar dapat terus mening­katkan pengelolaan sumber daya alam Indonesia yang luar biasa ini, secara adil dan berkelan­jutan.

Sementara pihak USAID da­lam mendukung tujuan bersama ini berjanji untuk tetap menjaga komunikasi.

Baca juga : Ditahan Persija, Persebaya Jaga Rekor Tak Terkalahkan

Direktur USAID Jeff Cohen akan berkoordinasi dengan Pemerintah Indonesia di semua tingkatan. Tidak hanya di tingkat internasional dan nasional. Tapi hingga di tingkat daerah.

“Kami mendukung kepemimpinan KLHK dalam peng­gunaan lahan berkelanjutan dan melindungi hutan berharga di se­luruh Indonesia,” kata Cohen.

Namun demikian, perjanjian baru tersebut tetap ada acuan persyaratan tentang hukum dan keuangan.

Baca juga : Kasus Pernikahan Dini Di Kabupaten Malang Tertinggi

Sederet prosedur itu harus dipenuhi bersama. KLHK dan USAID akan merinci usulan kegiatan terkait dalam kerangka baru yang akan ditandatangani pada tahun 2023.

“Perjanjian kerangka kerja sama ini akan mempererat kemi­traan kami dengan Pemerintah Indonesia untuk mengatasi tan­tangan perubahan iklim dan menjamin masa depan lingkungan yang tangguh, dan hijau untuk semua,” tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.