Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mabesad Kirim 28 Truk Logistik Bantuan Kemanusiaan Bagi Korban Tsunami

Kamis, 27 Desember 2018 21:43 WIB
Markas Besar TNI AD (Mabesad) memberangkatkan 28 truk ke wilayah terdampak bencana tsunami di Banten dan Lampung, Kamis (27/12). (Foto: Dok. TNI AD)
Markas Besar TNI AD (Mabesad) memberangkatkan 28 truk ke wilayah terdampak bencana tsunami di Banten dan Lampung, Kamis (27/12). (Foto: Dok. TNI AD)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang terdampak bencana tsunami Selat Sunda di wilayah Banten dan Lampung, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) mengirimkan logistik bantuan kemanusiaan sejumlah 28 truk, dengan total nilai Rp 4 miliar, Kamis (27/12). Pengiriman bantuan kemanusiaan tersebut diberangkatkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa di halaman Mabesad, Jakarta Pusat. Turut mendampingi, para pejabat teras di lingkungan Mabesad dan Mitra TNI AD.

23 truk dikirim ke wilayah Banten, untuk mendistribusikan bantuan di 11 titik. Yakni Anyer, Carita, Pulo Sari, Cinangka, Labuan, Angsana, Patia, Munjul, Tanjung Lesung, Cigeulis dan Sumur. Sedangkan 5 truk sisanya, dikirim ke wilayah Lampung. Logistik bantuan kemanusiaan tersebut terdiri dari air mineral 200 dus, mie instan 200 dus, biskuit 100 dus, susu bayi 100 dus, susu kental manis 50 dus, gula/kopi/teh 200 dus, pembalut wanita 50 dus, dan pampers 100 dus.

Baca juga : Penyu Sisik Ikut Jadi Korban Tsunami

Selain berasal dari Mabesad dan Persatuan Istri Prajurit (Persit), bantuan tersebut datang dari para donatur mitra TNI, yakni PT Sritex, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Yayasan KEP, PT Arwana, PLN Persero, Toyota Motor, PT Ascon Indonesia Internasional, Rotary Club, Walubi, Yayasan Pelangi Indonesia Ministry, PT Mora Production, dan PPI.

"Kegiatan semacam ini merupakan salah satu bagian dari tugas pokok TNI di bidang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan," papar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya.

Baca juga : Prioritaskan Pertolongan Bagi Korban Luka

Sejak terjadinya bencana tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung pada Sabtu (22/12) lalu, satuan jajaran TNI, termasuk TNI AD bersama-sama dengan komponen masyarakat lainnya bergerak cepat melakukan berbagai langkah penanganan dengan mengerahkan personel, materiil, alutsista dan perlengkapan yang dimiliki ke lokasi bencana.

“Kita bergerak cepat melakukan upaya penyelamatan dan evakuasi korban, mencari jenazah korban, mendirikan tenda lapangan, dapur lapangan, posko kesehatan, membuka jalan yang tertutup, pembersihan puing- puing dan lain sebagainya. Penderitaan masyarakat yang tertimpa bencana adalah penderitaan TNI, dan juga penderitaan kita semua sebagai sesama warga bangsa,” tutur Candra. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.