Dark/Light Mode

Tanggap Darurat Pasca Tsunami Selat Sunda

Cegah Penyakit Potensi KLB, Menkes Siap Gelar Edukasi Kesehatan

Kamis, 27 Desember 2018 17:49 WIB
Menteri Kesehatan Nila Moeloek, saat menjenguk korban tsunami di Banten. (Foto: Dok. Kemenkes)
Menteri Kesehatan Nila Moeloek, saat menjenguk korban tsunami di Banten. (Foto: Dok. Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Rapid Health Assessment (RHA) Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada bencana tsunami di Banten, menunjukkan sejumlah penyakit berpotensi Kejadian Luar Biasa (KLB). Penyakit berpotensi KLB itu di antaranya diare akut, penyakit serupa influenza (ILI), dan suspek demam tifoid.

Baca juga : Dapur Umum PLN Layani 4.500 Warga Per Hari

Di Pandeglang, Banten yang merupakan wilayah paling parah terdampak tsunami, kasus diare akut mencapai 859 kasus, disusul penyakit serupa influenza (ILI) 504 kasus, dan suspek demam tifoid 204 kasus. Sedangkan di Serang, diare akut berjumlah 912 kasus, ILI 386 kasus, dan suspek demam tifoid 121 kasus. Agar para korban dapat mencegah dan menghindari penyakit yang bersumber dari lingkungan seperti itu, Kemenkes melalui Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat melakukan edukasi kesehatan kepada korban tsunami.

Baca juga : Pemulihan Kelistrikan Sudah 100 Persen

Rencananya, edukasi kesehatan yang akan dilakukan dengan koordinasi bersama petugas kesehatan setempat, relawan, dan pihak lain yang fokus pada upaya pencegahan masalah kesehatan pasca tsunami itu akan dilakukan di 11 titik pengungsian. Yakni Cimanggu, Cigadung, Sumur, Caringin, Jiput, Cigeulis, Munjul, Carita (Desa Gombong), Labuan, Cigorondong, dan  Angsana yang merupakan daerah pengungsian terbesar.

Baca juga : Pasca Tsunami, Layanan Telekomunikasi Hampir Pulih 100 Persen

Selain diberikan pemahaman tentang penyakit berpotensi KLB  para pengungsi juga akan mendapatkan pemahaman mendasar tentang bagaimana berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
Minimal, cuci tangan sebelum makan untuk mencegah bakteri masuk ke dalam tubuh melalui makanan, dan menyebabkan diare. "Kesadaran akan perilaku hidup sehat, terutama pada situasi pasca tsunami harus tetap dilakukan. Kapan pun dan di mana pun dalam situasi apa pun, PHBS harus tetap disadari dan dilakukan. Tsunami memang mengubah kondisi lingkungan, misalnya sanitasi menjadi rusak, tapi PHBS harus tetap diusahakan,” kata Nila, Kamis (27/12) di Jakarta. [HES]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.