Dark/Light Mode

Atasi Tsunami Banten

Prioritaskan Pertolongan Bagi Korban Luka

Senin, 24 Desember 2018 10:57 WIB
Ketua DPR, Bambang Soesatyo. (Foto: IG @bambang.soesatyo)
Ketua DPR, Bambang Soesatyo. (Foto: IG @bambang.soesatyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Bambang Soesatyo ikut berduka dan menyampaikan keprihatinan mendalam bagi para korban bencana tsunami di pesisir Banten dan Lampung. Untuk meringankan beban keluarga dari puluhan korban yang meninggal, dia meminta Pemerintah Daerah setempat membantu proses pemakaman.

Bamsoet, sapaan Bambang, mendorong Pemerintah mengerahkan segenap kemampuan untuk menanggulangi bencana tersebut. Kerja cepat Pemerintah amat penting agar kondisi di pesisir Banten dan Lampung segera pulih.

Baca juga : Di Kandang Banteng, Puan Akan Melenggang

“Untuk menekan jumlah korban jiwa, prioritas upaya penanggulangan pasca-tsunami hendaknya fokus pada langkah dan tindakan medis bagi warga yang terluka. Selain tim medis dan unsur-unsur BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat, pimpinan Polri dan TNI hendaknya juga mengerahkan satuan-satuan terdekat untuk menolong para korban luka,” seru politisi Partai Golkar ini, kemarin.

Bamsoet berharap, tenda penampungan, dapur umum, dan rumah sakit darurat segera didirikan. Kemudian, obat-obatan, selimut, hingga ragam kebutu¬han balita, harus segera dikirim. Sebab, barang-barang tersebut saat ini sangat dibutuhkan.

Baca juga : Paviliun Indonesia Meriahkan Pameran Dagang Terbesar Afrika

“Upayakan pula agar puluhan korban yang dinyatakan hilang dapat segera ditemukan. Mendata kerusakan dan kerugian akibat bencana tetap diperlukan, tetapi utamakan pemberian pertolongan pertama bagi para koban terluka,” imbuhnya.

Dia memastikan, DPR tidak akan diam saja. DPR terus mengikuti perkembangan di lokasi bencana dan berkomunikasi dengan pimpinan dari berbagai institusi guna mempercepat langkah penanggulangan pascabencana.

Baca juga : Amien Didoakan Semoga Tidak Suul Khotimah

Untuk percepatan pemulihan suasana, Pimpinan DPR mendorong PLN dan Pertamina memastikan ketersediaan daya listrik dan BBM. Dengan begitu, masyarakat dapat kembali beraktivitas sebabaimana biasanya.

“Pimpinan DPR mengapresiasi gerak cepat BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) yang terus mendata jumlah korban. Jumlah korban meninggal terus bertambah. Korban meninggal paling banyak di Pandeglang,” tandasnya. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.