Dewan Pers

Dark/Light Mode

Matching Fund Dukung Inovasi Teknologi

UBL Ciptakan AGV, Alat Angkut Canggih Berpemandu Otomatis

Sabtu, 18 Maret 2023 18:35 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Lebih rinci Riza menyampaikan, AGV merupakan sebuah sistem yang berbasis robot mobil yang mampu beroperasi secara otomatis dengan mengikuti track yang telah diatur.

AGV dirancang khusus untuk perawatan pesawat terbang. AGV juga memiliki multiple-car yang bisa disesuaikan dengan dimensi dan berat part yang beragam.

Berita Terkait : Demi Ketahanan Pangan, Syngenta Dukung Masa Depan Pertanian Berkelanjutan

Keunggulan lainnya, AGV dapat kembali ke charging dock/station secara otomatis untuk melakukan pengisian ulang daya.

Keberadaan AGV khusus untuk perawatan pesawat ini diharapkan akan mengurangi biaya tenaga kerja, meningkatkan manfaat, menghilangkan kerusakan pada struktur dan produk.

Berita Terkait : Supir Truk Dukung Ganjar Bekasi Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

Juga, peningkatan keamanan tempat kerja, lebih murah daripada sistem otomasi tetap, mengurangi biaya utilitas, peningkatan efisiensi inventaris dan penurunan kesalahan manusia.

Matching fund adalah bentuk nyata dukungan dari Kemdikbud Ristek untuk penciptaan kolaborasi dan sinergi strategis antara insan perguruan tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak mitra.

Berita Terkait : Jokowi Ucapkan Terima Kasih Kepada Suku Dayak

Dengan alokasi dana sebesar total Rp 1 triliun, matching fund menjadi salah satu nilai tambah terbentuknya kolaborasi antara dua pihak melalui platform Kedaireka.

Dukungan matching fund ini diprioritaskan bagi kolaborasi yang berkontribusi terhadap pencapaian 8 indikator kinerja utama perguruan tinggi yang telah ditetapkan Kemendikbudristek. ■