Dark/Light Mode

Wisuda 207 Peserta Didik GLI Angkatan Ke-2

Menteri LHK: Terus Beraktualisasi Untuk Lingkungan Indonesia Yang Lebih Baik

Senin, 20 Maret 2023 17:00 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. (Foto: Humas KLHK)
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. (Foto: Humas KLHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mewisuda 207 pemuda dari berbagai daerah. Para wisudawan ini merupakan peserta Pelatihan dan Pendidikan Green Leadership Indonesia (GLI) angkatan ke-2 di Jakarta, Senin (20/3).

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan GLI angkatan ke-2 hari ini. Pesan saya, terus beraktualisasi untuk lingkungan Indonesia yang makin baik dalam segala ukuran. Mari kita sama-sama bekerja untuk Indonesia kita," ujarnya.

Para alumni GLI ini, akan mengambil peran yang sangat penting dalam mengarusutamakan isu keadilan sosial dan ekologis institusi atau komunitas.

Baca juga : Mega Tegaskan Pentingnya Pelindungan Kekayaan Intelektual untuk Indonesia Emas 2045

Mereka akan lahir sebagai pemimpin, juga dapat terus memberikan inspirasi bagi banyak generasi muda lainnya. Sehingga, Indonesia akan mengalami surplus calon pemimpin yang peka terhadap isu-isu kelestarian hutan dan lingkungan.

Program Green Leadership Indonesia ini diinisiasi Institut Hijau Indonesia, serta didukung Walhi, KNTI dan HUMA. Prakarsa kegiatan pendidikan lingkungan ini menerapkan model antara kerja lapangan (skill) dan pembekalan keilmuan (knowledge).

Ini adalah suatu model internalisasi jiwa dan semangat cinta dan kesadaran lingkungan di kehidupan keseharian masyarakat.

Baca juga : Zulhas Percaya Erick Thohir Bisa Bawa Sepak Bola Indonesia Lebih Baik

“Memulai dari generasi muda, merupakan langkah yang jitu. Sekali lagi, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang sangat tinggi atas upaya ini," ungkapnya.

Ketua Institut Hijau Indonesia sekaligus Founder GLI, Chalid Muhammad menyampaikan prosesi wisuda adalah tahapan awal.

Para wisudawan sudah mendapat bekal menjadi leaders yang memiliki perspektif keadilan sosial dan ekologis.

Baca juga : Prof Didik: Perpanjangan Jabatan Kades Turunkan Demokrasi Indonesia

Selanjutnya, melalui perjalanan panjang, mereka akan ditempa menjadi leaders yang akan membawa manfaat tidak hanya bagi komunitas atau wilayah asal mereka, tetapi juga manfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia dan bahkan untuk planet bumi.

“Karena kekuatan untuk menyelamatkan bumi dari dampak yang besar kedepan ada pada anak muda dan Insya Allah 207 orang inilah yang akan menjadi pelopor untuk membuat bumi menjadi lebih baik dan bisa tersenyum di masa mendatang," harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.