Dark/Light Mode

Mobilnya Mogok, Jokowi Jalan Terus

Jumat, 6 September 2019 10:12 WIB
Mobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9). (Foto: Istimewa)
Mobil dinas kepresidenan mogok di Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (5/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mobil Presiden Jokowi mogok lagi. Kali ini terjadi saat dia melakukan kunjungan kerja ke Pontianak, Kalimantan Barat, kemarin.

Mobil sedan yang sedang ditumpanginya mogok di tengah jalan. Untungnya, insiden ini tak membuat agenda kunker berantakan. Dia melanjutkan perjalanan dengan mobil lain.

Ada sejumlah agenda yang disiapkan dalam kunjungan kerja Jokowi ke Kalbar. Agenda pertama Jokowi di Rumah Radakng, Pontianak. Di sana eks Gubernur Jakarta ini membagikan sertifikat tanah.

Dari sana, dia meninjau sejumlah proyek di sepanjang Sungai Kapuas. Jokowi tiba di Bandar Udara Su padio, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar sekitar pukul 11 siang. Turun dari pesawat kepresidenan, Jokowi disambut Gubernur Kalbar Sutarmidji dan jajarannya.

Baca juga : Jokowi Siap Payung Sebelum Hujan Besar

Dari bandara, eks Walikota Solo ini kemudian langsung menuju ke Pontianak untuk membagikan sertipikat tanah. Seperti biasa, Jokowi lalu menumpang mobil sedan berpelat merah Indonesia1.

Posisi mobil merek Mercy yang ditumpangi Jokowi ini berada paling depan di antara pejabat lain. Iring-iringan rombongan presiden kali ini memang cukup panjang.

Sejumlah menteri dan pejabat ikut dalam rombongan. Mereka antara lain dangan jenis Toyoya Alphard. Mobil yang mogok lalu digeser ke pinggir jalan. Akibat insiden ini, Jokowi sempat terlambat datang ke acara pembagian sertifikat.

Tak lama kemudian, sejumlah montir datang untuk memperbaiki. Proses perbaikan dijaga ketat oleh personel TNI. Tampak kap mercy dibuka dan dikerubuti para montir.

Baca juga : Brasil Global Tour, Neymar Jadi Andalan Timnas

Karena belum berhasil, barang-barang yang ada di mobil seperti buku dan yang lainnya di pindahkan ke salah satu mobil berwarna hitam merek Alphard.

Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Awalnya iring-iringan berjalan lancar. Mobil sedan anti peluru itu, melesat mem belah Kota Pontianak. Namun, ken dala mulai terasa saat mobil mendekati Bundaran Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Mobil yang di tumpangi Jokowi mulai tersendat-sendat. Lalu kehilangan tenaga di tengah jalan. Mengetahui mobil mogok, Jokowi k emudian dipindahkan ke mobil. Foto dan video saat mobil presiden diperbaiki ini beredar luas di media sosial.

Baca juga : Jokowi Papa Papua

Sebenarnya bukan kali ini saja, mobil Jokowi mogok. Dua tahun lalu, mobil ini sempat mogok saat Jokowi kunker ke Mempawah, Kalbar. Bagaimana tanggapan Presiden dengan insiden ini?

Jokowi tampaknya maklum atas kejadian tersebut. Menurut dia, bukan kali ini saja mobil dinasnya mogok. “Ya biasa, kan lebih dari 10 kali mogok,” kata Jokowi, saat dimintai tanggapannya.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan mobil ini su dah lama beroperasi. Diduga mobil mogok karena overheat.

“Apalagi di lokasi-lokasi yang udara panas, maka ken daraan tersebut bisa saja overheat,” kata Heru. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.