Dark/Light Mode

Di Forum Internasional PBB, Kepala BNPT Tegaskan Lawan Radikalisme Pakai Cara Kemanusiaan

Rabu, 21 Juni 2023 17:02 WIB
Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel (Foto: BNPT)
Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel (Foto: BNPT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Rycko Amelza Dahniel menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kepala Badan Penanggulangan Terorisme Negara-Negara Anggota PBB (UN CT Week) ke-3.

Kegiatan ini mengambil tema Addressing Terrorism through Reinvigorated Multilateralism and Institutional Cooperation, yang digelar di New York, 19-23 Juni 2023.

Dalam lawatannya, Rycko menyampaikan, Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh dalam penguatan kerjasama global maupun dalam negeri dengan semangat kolaborasi antara Pemerintah, Masyarakat Sipil, Sektor Privat, Akademisi, dan Media (Pentahelix) yang mengedepankan sisi kemanusiaan.

"Indonesia memiliki komitmen untuk terus melawan terorisme baik melalui penguatan kerjasama global maupun dengan menjalankan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan terorisme di dalam negeri yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan semangat kolaboratif dengan berbagai pemangku kepentingan," kata Rycko.

Baca juga : Mendes PDTT Siap Pamerkan SDGs Desa Di Kantor Pusat PBB

Lebih lanjut, pada konferensi yang digelar United Nations Office for Counter Terrorism (UNOCT) ini, ia menyampaikan upaya strategis BNPT dalam melaksanakan deradikalisasi dengan pendekatan soft approach.

Tujuannya, memutus akar ideologi radikalisme dengan mengarahkan anak mitra BNPT untuk mendapatkan sekolah moderat, guna mewujudkan kehidupan yang damai dan harmoni.

"Melaksanakan program pemutusan akar penyebab ideologi terorisme, yang dilaksanakan dengan merangkul keluarga dan anak anak mantan pelaku teror serta menyekolahkan anak-anak tersebut di sekolah sekolah islam moderat," tuturnya.

Menurutnya, upaya mengubah mindset para pelaku teror dan keluarganya bertujuan, untuk merubah pandangan dan budaya kekerasan yang dianut.

Baca juga : Menko Airlangga Tegaskan Komitmen Pemerintah Perkuat Kemandirian Kesehatan Nasional

Upaya tersebut dilakukan dengan program-program kewirausahaan untuk meningkatkan kesejahteraan, setelah menyelesaikan masa hukuman bagian yang penting diperhatikan.

Sementara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyampaikan pentingnya kerja sama multilateral dan pelibatan seluruh pemangku kepentingan setiap negara dalam penanganan terorisme, dengan menjunjung tinggi nilai nilai hak asasi manusia serta rule of law.

Di sela konferensi, Kepala BNPT mendapat kehormatan mengikuti prosesi peletakan bunga dalam rangka penghormatan korban dan penyintas terorisme.

Prosesi ini merupakan prosesi yang pertama yang pernah dilaksanakan di markas besar PBB.

Baca juga : Kepala BPIP Tegaskan Kemerdekaan RI Bukan Hadiah Dari Bangsa Lain

Pada kunjungan kerjanya, Kepala BNPT didampingi oleh Direktur Kerjasama Regional dan Multilateral BNPT M Zaim A Nasution serta Dewatap RI New York, Duta Besar Hari Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.