Dark/Light Mode

Kerahin Anak Buah Dan Kirim Logistik

Mensos Gercep Bantu Korban Gempa Bantul

Senin, 3 Juli 2023 07:45 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto: Dok. Kemensos)
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto: Dok. Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial (Kemensos) bergerak cepat alias gercep menyalurkan bantuan senilai total Rp 466,9 juta bagi korban gempa Bantul, Yogyakarta.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengerahkan enam Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemensos terdekat dari lokasi bencana untuk segera meluncur setelah bencana terjadi.

Plt. Kepala Biro Humas Ke­mensos Romal Sinaga mengatakan, Mensos memerintahkan ja­jarannya untuk menyisir seluruh lokasi terdampak gempa Bantul.

“Melalui Command Cen­ter Kemensos dan WhatsApp Group, Ibu Menteri telah memerintahkan seluruh petugas sentra atau sentra terpadu, Ta­runa Siaga Bencana (Tagana) dan unsur pendamping Ke­mensos lainnya yang (berada) terdekat dengan wilayah ter­dampak gempa, untuk bergerak memberikan bantuan,” kata Romal Sinaga dalam keterangan resminya, di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Yuk, Bantu Korban Gempa Bantul

Enam sentra tersebut yakni, Sentra Terpadu Prof Dr Soe­harso di Surakarta, Balai Be­sar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional III Yogyakarta.

Kemudian, Sentra Antasena di Magelang, Sentra Satria di Baturraden, Sentra Terpadu Kar­tini di Temanggung dan Sentra Margo Laras di Pati.

Romal menjelaskan, bantuan penanganan darurat yang dilaku­kan Kemensos berupa pendirian tenda serbaguna dan tenda ke­luarga untuk pengungsian, serta penyaluran bantuan logistik.

“Satu tenda serbaguna untuk pengungsian didirikan di Padu­kuhan Kuwon Kidul, Gunung­kidul. Sementara, empat tenda keluarga di Padukuhan Kuwon Tengah, Semanuk, Gunung­kidul,” ungkapnya.

Baca juga : Risma Gercep Benerin Data Rakyat Miskin…

Sementara, bantuan logistik dari Sentra Terpadu Soeharso untuk Kabupaten Pacitan terdiri dari makanan anak 100 paket, makanan siap saji 100 paket, lauk pauk siap saji 100 paket, bumbu siap saji 120 paket.

Lalu, kidsware 100 paket, kasur 40 lembar, selimut 40 lembar, tenda gulung 20 lembar, tenda keluarga portable B2022 20 unit, dengan nilai bantuan Rp 223,2 juta.

Bantuan logistik dari Sentra Margo Laras untuk Kabupaten Pacitan terdiri dari makanan anak 40 paket, makanan siap saji 100 paket, selimut 100 lembar, sandang dewasa 20 paket, dengan nilai bantuan Rp 12.892.900.

“Untuk Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, bantuan logistik disalurkan dari Sentra Terpadu Kartini, Sentra Antasena, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta dan Lumbung Sosial di Gunungkidul,” jelasnya.

Baca juga : Penting Anda Tahu, 5 Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Selanjutnya, kata Romal, Sen­tra Terpadu Kartini menyalurkan bantuan logistik berupa, makan­an anak 100 paket, makanan siap saji 100 paket, lauk pauk siap saji 100 paket, tenda keluarga 5 unit, dengan nilai bantuan sebe­sar Rp 52.836.000.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.