Dark/Light Mode

Kerahin Anak Buah Dan Kirim Logistik

Mensos Gercep Bantu Korban Gempa Bantul

Senin, 3 Juli 2023 07:45 WIB
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto: Dok. Kemensos)
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (Foto: Dok. Kemensos)

 Sebelumnya 
“Sentra Antasena menyal­urkan bantuan logistik berupa makanan siap saji seratus paket, kompor tiga unit, matras 25 lem­bar, kasur 20 unit, tenda keluarga empat unit, dengan nilai bantuan sebesar Rp 45 juta,” tutur Romal.

Dia menambahkan, BBPPKS Yogyakarta menyalurkan ban­tuan logistik berupa makanan anak 100 paket, makanan siap saji 100 paket, lauk pauk siap saji 100 paket, kidsware 100 paket, kasur 31 unit, selimut 31 lembar, dengan nilai bantuan sebesar Rp 62.374.600.

Baca juga : Yuk, Bantu Korban Gempa Bantul

Lumbung sosial di Gunung­kidul mengeluarkan bantuan berupa tenda serbaguna 1 unit dan tenda gulung 10 lembar dengan nilai bantuan sebesar Rp 30.448.000.

Sementara itu, bantuan logis­tik untuk masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Kebumen disalurkan dari Sentra Satria, berupa makanan anak 24 paket, makanan siap saji 110 paket, per­alatan dapur 11 paket, pampers, pembalut 44 paket, kidsware 8 paket, matras 9, selimut 40, tenda gulung 11 lemba, dengan nilai bantuan Rp 34.324.790.

Baca juga : Risma Gercep Benerin Data Rakyat Miskin…

Kemudian, lumbung sosial, berupa makanan anak 22 paket, makanan siap saji 22 paket, pera­latan dapur 2 paket, tenda gulung 10 lembar, dengan nilai bantuan Rp 5.856.720 juga disalurkan untuk masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Kebumen.

Di tempat terpisah, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyiagakan Public Safety Cen­ter (PSC) 119 untuk menangani dampak gempa bumi di Bantul.

Baca juga : Penting Anda Tahu, 5 Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Untuk diketahui, dampak dari gempa berkekuatan Mag­nitudo 6,4 tersebut, di antaranya rumah rusak (15 unit), fasilitas Pemerintah terdampak (1 titik), fasilitas kesehatan terdampak (1 titik), dan fasilitas pendidikan terdampak (2 titik). Gempa juga menyebabkan laporan korban luka dan satu orang meninggal.

“Kemenkes dan Dinas Ke­sehatan menyiagakan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan terdekat dengan wilayah gempa. Saat ini jumlah obat dan sarana alat kesehatan lainnya masih mencukupi,” kata Nadia.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.