Dark/Light Mode

Kelaparan Di Papua Diurus Wapres

Kamis, 3 Agustus 2023 08:00 WIB
Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin rapat terbatas mengenai bencana kekeringan di Papua Tengah, di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, kemarin. (Foto: Setwapres)
Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin rapat terbatas mengenai bencana kekeringan di Papua Tengah, di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, kemarin. (Foto: Setwapres)

 Sebelumnya 
Sekda Kabupaten Puncak Darwin Tobing mengamini hal tersebut. Hanya cuaca yang menjadi kendala pengiriman bantuan kepada para korban. Imbasnya, tidak ada bantuan yang sampai di Distrik Agandugume dan Lambewi, kemarin.

Darwin menjelaskan, sebelumnya Pemerintah telah mengirim bantuan dari Timika ke Agandugume pada Selasa, (1/8). Namun, distribusi yang membawa sekitar 800 kg barang bantuan itu hanya satu kali penerbangan. Pesawat yang dipakai milik PT Reven Global Air Transport dengan kode penerbangan PK-RVC.

Baca juga : KPK Benarkan Dirdik Asep Guntur Minta Mundur

Darwin bilang, penerbangan Timika-Agandugume dapat ditempuh sekitar 30 menit. Namun, cuaca yang tidak bersahabat menghambat pengiriman berbagai bantuan. “Mudah-mudahan Kamis, cuaca bersahabat, sehingga berbagai bantuan dapat disalurkan kepada masyarakat,” kata Darwin.

Mendengar Wapres mengurus kelaparan di Papua, warganet kaget. “Lho, ada Wapres,” sindir @doirze. “Titip Papua ya Bapak @Kiyai_Ma’rufAmin. Terimakasih,” ujar @Yattie2023. “Pak Wapres, tolong jangan suruh masyarakat Papua makan pisang 3x sehari. Sumpah nggak ngaruh pak,” timpal @zupe009.

Baca juga : Don Carlo Stres

Namun, akun @ZAMHARIBASYIR1 menyarankan sebaiknya pemerintah prioritaskan beresin masalah teroris Papua, baru urusan cuaca. “Kalau kemarau panjang solusinya ya disediakan bahan pangan dari provinsi lain dengan harga murah. Konflik harus diselesaikan cepat dengan lumpuhkan kekuatan bersenjata. Tdak ada cara lain, TNI di depan,” ujarnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 3/8/2023 dengan judul Kelaparan Di Papua Diurus Wapres

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.