Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Pemerintah Rangkul Seniman Untuk Ibu Kota Negara Baru

IKN Bakal Jadi Kota Yang Keren Dan Asyik

Jumat, 4 Agustus 2023 07:30 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono pada acara Diskusi Publik bertajuk Membangun Ekosistem Seni dan Budaya di IKN di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (3/8/2023). (Foto: Antara)
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono pada acara Diskusi Publik bertajuk Membangun Ekosistem Seni dan Budaya di IKN di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (3/8/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merangkul seniman dan budayawan untuk menanamkan roh seni di wilayah tersebut.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan, tujuan dari inisiatif ini untuk menciptakan identitas bangsa, yang akan dimulai dengan menggali po­tensi seni budaya dalam mem­bentuk identitas Ibu Kota baru.

“Dalam membangun identitas negara, termasuk identitas Ibu Kota, seni dan budaya memiliki peran penting. Nusantara harus memiliki jiwa, karena jika tidak, akan terasa hampa,” kata Bam­bang dalam Diskusi Publik Nusan­tara Talks bertajuk ‘Membangun Ekosistem Seni dan Budaya’ yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, kemarin.

Baca juga : BTN Bakal Jadi Lebih Modern Dan Kekinian

Eks Wakil Menteri Perhubungan ini menegaskan, pembangun­an IKN bukan hanya tentang membangun pusat pemerintahan semata, tapi transformasi work­ing, learning and living yang diarahkan oleh Presiden Jokowi juga menjadi fokus dalam mewujudkan IKN sebagai kota yang nyaman dihuni (livable) dan dicintai (lovable).

Salah satu upaya untuk mencapai hal ini, kata Bambang, dengan memperkuat ekosistem seni dan budaya.

Bambang memastikan, Badan Otorita IKN juga memberikan ruang bagi akademisi seni dan budaya dalam rencana pem­bangunan teater, museum masa depan seperti yang dimiliki Dubai, Uni Emirat Arab serta ruang terbuka hijau multifungsi.

Baca juga : Pipa Gas Semarang-Batang Hampir Rampung, Impian Gas Murah Bakal Jadi Kenyataan

Dia menjelaskan, semua itu diharapkan akan memberikan identitas unik dari Indonesia dan banyak tempat-tempat menarik yang akan dibangun.

Nantinya, ruang terbuka hijau tidak sekadar taman, tapi akan diisi dengan karya seni dari perupa dan pematung.

Selain itu, para rektor dan ma­hasiswa juga akan berkolaborasi dalam menciptakan galeri seni sebagai wadah untuk menampil­kan karya-karya mereka.

Baca juga : Pemerintah Pusat, Daerah, Pemangku Kepentingan Berperan Strategis Wujudkan PPDB Yang Berkeadilan

Bambang menilai, kehadiran seni dan budaya akan mewarnai IKN sebagai kota yang asyik dengan beragam kegiatan seni dan budaya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.