Dark/Light Mode

Kembangkan Klaster Komoditas, Kementan Gandeng Baznas Genjot Petani Milenial

Jumat, 6 Oktober 2023 20:17 WIB
Kementan menggandeng Baznas dalam program pemberdayaan petani termasuk petani milenial. (Foto: Dok. Istimewa)
Kementan menggandeng Baznas dalam program pemberdayaan petani termasuk petani milenial. (Foto: Dok. Istimewa)

 Sebelumnya 
Program KUR, kata Dedi, merupakan inisiatif dari Pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan bagi pelaku usaha pertanian skala mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui lembaga keuangan dengan bunga rendah.

"Program KUR senafas dengan YESS bagi regenerasi sektor pertanian, salah satunya memfasilitasi petani milenial untuk mengembangkan pertanian dari hulu ke hilir melalui pendampingan usaha," ujarnya.

Project Manager Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Timur Acep Hariri mengatakan, kegiatan webinar sebagai wadah bagi pelaku pertanian seperti petani milenial, penyuluh dan stakeholders untuk berkumpul, diskusi dan dialog dalam upaya mencari solusi atas kendala dan tantangan di lapangan.

Baca juga : Selamatkan Sawit, Kementan Terjun Padamkan Kebakaran Lahan Di Kalsel

"Kegiatan MAF memberikan solusi bagi petani memanfaatkan BPP sebagai lembaga konsultasi agribisnis," kata Acep.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPP Arjosari Inna Wahyu menyatakan komitmen BPP sebagai BDSP program YESS bahwa para penyuluh siap memfasilitasi petani milenial untuk konsultasi.

"Mulai dari budidaya maupun manajemen usaha, mengingat BPP Arjosari telah menjadi BPP percontohan di Pacitan," jelasnya.

Baca juga : KPK Ungkap 3 Klaster Korupsi Di Kementan: Pemerasan, Gratifikasi, Dan TPPU

Sementara, Ketua III Baznas Pacitan Putatmo S menguraikan upaya Baznas yang memiliki program terkait pemberdayaan petani. Baznas membuka kesempatan untuk kolaborasi dengan petani maupun peternak milenial.

Pengurus Koperasi Milenial Agro Sejahtera Agus Rinoto mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung petani milenial mengembangkan usahanya, mengingat pendirian koperasi hasil kolaborasi Penerima Manfaat YESS di Pacitan.

"Selain membidik petani milenial, koperasi membuka peluang bagi semua petani untuk bergabung," katanya.

Baca juga : Bongkar Korupsi di Kementan, KPK Di-Back Up Mahfud

Kegiatan MAF ditutup oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP Kementan (Pusdiktan) Idha Widi Arsanti yang mengingatkan bahwa webinar MAF menjadi sumber inspirasi petani milenial mengembangkan usaha pertanian melalui kolaborasi usaha bersama koperasi, dan ke depan menggandeng Baznas.

"Dukungan dari Business Development Service Provider (BDSP) dan Baznas diharapkan akan membantu pertumbuhan sektor pertanian di kalangan pemuda yang semangat dan berpotensi besar," ujar Idha.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.