Dark/Light Mode

Wapres: Pimpinan Agama Kunci Kemajuan Papua

Rabu, 11 Oktober 2023 10:14 WIB
Wakil Presiden Wapres KH. Maruf Amin melakukan audiensi dengan persekutuan gereja-gereja, di Hotel Suni, Abepura, Jayapura, Papua, Rabu (11/10). Foto: Istimewa
Wakil Presiden Wapres KH. Maruf Amin melakukan audiensi dengan persekutuan gereja-gereja, di Hotel Suni, Abepura, Jayapura, Papua, Rabu (11/10). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma'ruf Amin melakukan audiensi dengan persekutuan gereja-gereja, di Hotel Suni, Abepura, Jayapura, Papua, Rabu (11/10).

Menurutnya, penting bertemu pimpinan agama untuk memajukan bangsa, termasuk di Papua.

"Dalam rangka menjadikan Papua lebih maju dan sejahtera, maka peran pimpinan agama itu menjadi kunci atau sekarang game changernya," ujar Wapres Kiai Ma'ruf.

Baca juga : JIM Apresiasi Sinergitas TNI-Polri Wujudkan Kedamaian Papua

Di audiensi ini, Sang Kiai bersilaturahmi dengan belasan pendeta dari Papua. Di antaranya, Perwakilan dari Persekutuan Gereja Gereja Papua (PGGP), Papua Christian Center (PCC), dan Badan Pengarah Percepatan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP).

Sang Kiai berpandangan, pimpinan agama merupakan pimpinan masyarakat yang memiliki pengaruh besar dalam upaya membimbing dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat.

"Sebab saya yakin di Papua ini semua beragama. Baik tentu Katolik, Protestan, Islam atau juga agama yang lain," katanya.

Baca juga : Witan Siap Unjuk Kemampuan Lawan Brunei Darussalam

Menurutnya, jika pemimpin agama bersama Pemerintah bersama membangun masyarakat, maka Papua akan menjadi sukses dan maju.

Sang Kiai, juga menceritakan rasa hormatnya kepada PGGP atas pertemuan sebelumnya di Manokwari, dan didoakan oleh pimpinan gereja setempat. Baginya, itu adalah penghormatan yang kuar biasa.

Ke depan, Wapres meyakini, beragam tantangan permasalahan di Papua akan diselesaikan atas perjuangan bersama Pemerintah dengan pemuka agama. Misalnya, tantangan di sektor pendidikan hingga pembangunan berbasis keagamaan.

Baca juga : Nuning: Agar Pengamanan KTT AIS Maksimal, Bisa Sertakan Pecalang

"Dan tentu kita akan terus perjuangkan sampai berhasil. Saya berharap pertemuan ini akan membawa kesepakatan, ide, dan saran," katanya.

Diungkapkan, kedatangannya kali ini ke Papua untuk benyak mendengar beragam aspirasi dari Papua. "Dan banyak sekali yang saya dengar dan akan kita rumuskan," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.