Dark/Light Mode

Hadapi Tantangan Di 2024

RI Kudu Pasang Kuda-kuda

Jumat, 17 November 2023 07:30 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (ANTARA/HO-BPMI Setwapres/aa)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (ANTARA/HO-BPMI Setwapres/aa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perang antara Rusia dengan Ukraina dan penjajahan Israel di Palestina yang tak kunjung usai diprediksi bakal berimbas ke Indonesia pada 2024, terutama di sektor ekonomi yang berpotensi bakal terganggu.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, dina­mika global masih menunjuk­kan sejumlah tantangan serius. Maka Pemerintah saat ini kudu bersiap mengantisipasi kondisi tersebut.

Beberapa yang perlu menjadi perhatian tahun depan, yaitu perang dan fragmentasi geo-ekonomi yang menuntut adanya strategi antisipatif ke depan. Tingkat inflasi yang masih tinggi dan suku bunga, juga perlu mendapat perhatian.

Baca juga : Pancasila Memperbaiki Satu Pandangan Dunia Berbasiskan Budaya dan Etika

“Kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) perlu memperbaiki tata kelola investasi. Hal ini agar investasi memberi multiplier effect bagi perekonomian nasional,” kata Ma’ruf dalam keterangan persnya, di Jakarta Kamis (16/11/2023).

Dijelaskannya, untuk saat ini perekonomian Indonesia memang terjaga dan tetap ber­tumbuh. Hal tersebut karena didukung oleh investasi.

Meski kondisi global masih menghadapi berbagai tekanan, termasuk perang, tapi investasi harus tetap berjalan, karena dini­lai vital bagi Indonesia.

Baca juga : Ini Trik Jitu INACA Hadapi Tantangan Industri Penerbangan

Investasi mampu menopang pembangunan yang berkelanju­tan. Selain itu juga bisa mem­berikan nilai tambah pada sum­ber daya alam yang dimiliki.

“Investasi bisa meningkatkan daya saing bangsa, serta men­ciptakan keadilan ekonomi dan sosial,” bebernya.

Selain itu, persoalan dan tan­tangan di bidang ekonomi digital kedepannya juga tidak boleh diabaikan. Semuanya harus disiapkan sejak dini.

Baca juga : Ancaman El Nino, Tantangan Besar Amankan Pasokan Pangan

Ia mengingatkan, upaya pemulihan ekonomi global pas­ca pandemi Covid-19 pada 2024 disinyalir menghadapi sejumlah ketidakpastian.

Perekonomian Indonesia ten­tu akan ikut terdampak jika suhu politik global semakin panas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.