Dark/Light Mode

Hadapi Tantangan Di 2024

RI Kudu Pasang Kuda-kuda

Jumat, 17 November 2023 07:30 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (ANTARA/HO-BPMI Setwapres/aa)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (ANTARA/HO-BPMI Setwapres/aa)

 Sebelumnya 
“Seperti perang Israel-Pales­tina dan Rusia-Ukraina, serta ancaman perubahan iklim yang dapat mengganggu rantai pasok pangan,” terangnya.

Selain itu, inflasi dan kenaikan suku bunga, perlambatan eko­nomi China, Eropa, dan Amerika juga ditengarai akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Di samping kondisi global tersebut, pada tingkat domestik akan ada beberapa tantangan.

Baca juga : Pancasila Memperbaiki Satu Pandangan Dunia Berbasiskan Budaya dan Etika

Yaitu perlambatan ekspor, ke­naikan suku bunga dalam negeri, pelemahan nilai tukar rupiah, dan Pemilu juga diprediksi menjadi tantangan makro perekonomian Indonesia pada 2024.

Menanggapi hal tersebut, Dosen Ilmu Ekonomi FEB Uni­versitas Brawijaya, Munawar me­nilai, meski dihadapkan dengan berbagai tantangan, tapi peluang masih terbuka bagi Indonesia.

Ia optimis bahwa kondisi politik ke depan bisa diantisipasi Pemerintah.

Baca juga : Ini Trik Jitu INACA Hadapi Tantangan Industri Penerbangan

“Begitu juga ekonomi In­donesia akan tetap baik. Hal ini berkaca dari pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi dan stabil selama 20 tahun terakhir akibat sistem politik yang cend­erung stabil,” imbuhnya.

Indonesia sudah pasang kuda-kuda alias menyiapkan strategi dalam menghadapi tahun 2024.

“Indonesia juga didukung pasar domestik yang luas dan kelas menengah yang berkem­bang pesat, bonus demografi. Serta sumber daya alam yang melimpah,” ungkap Munawar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.