Dark/Light Mode

Pemerintah Belum Wajibkan Masker

Kasus Covid Naik Lagi Jelang Liburan Nataru

Sabtu, 16 Desember 2023 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Meski begitu, Pemerintah belum berencana mewajibkan kembali masyarakat menggunakan masker.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, secara umum penularan masih dalam kondisi terkendali. “Belum sampai ke sana. Ini selalu diikuti dan dia­mati oleh Menteri Kesehatan (Menkes) dan jajaran,” kata Jokowi usai meninjau Proyek MRT Jakarta Fase 2, di Monas, Jakarta Pusat pada Jumat (15/12/2023).

Untuk mencegah penyebaran Covid-19 makin masif, eks Wali Kota Solo ini mengaku telah memerintahkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gu­nadi Sadikin untuk menga­mati perkembangan Covid-19 di Indonesia.

Baca juga : Wow! Pemerintah Gratiskan Bea Masuk Mobil Listrik CBU Hingga Akhir 2025

“Saya sudah memerintahkan kepada Menkes untuk diikuti dan diamati betul secara detail perkembangannya seperti apa. Sampai sekarang dari laporan Menkes menyampaikan masih dalam kondisi baik,” bebernya.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melapor­kan situasi Covid-19 di Indone­sia mengalami tren peningkatan, terutama pada 21 provinsi dalam kurun beberapa pekan terakhir.

Provinsi yang mengalami tren peningkatan kasus yakni, Banten, Yogyakarta, DKI Ja­karta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Baca juga : Penuhi Panggilan KPK, Bambang Tanoe Bungkam

Situasi yang sama juga dilaporkan dari Kepulauan Riau, Lampung, NTT, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Total jumlah kasus aktif Covid-19 hingga 14 Desember 2023 ber­jumlah 1.499 kasus.

Budi Gunadi mengaku telah menyiapkan berbagai strategi untuk menghadapi lonjakan ka­sus Covid-19 di musim Nataru.

Pertama, persiapan meliputi SDM hingga strategi menemu­kan asal usul pandemi.

Baca juga : Ini Jurus Kemenkes Menekan Laju Penularan Saat Libur Nataru

“Disiapkan orangnya dulu dimulai dari Tenaga Cadangan Kesehatan dari perawat hingga dokter,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.