Dark/Light Mode

Audit Smelter Diperketat

Jokowi: Kalau Perlu Tripelin!

Minggu, 31 Desember 2023 07:20 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan arahan pada rapat konsolidasi nasional kesiapan Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).
Presiden Joko Widodo memberikan arahan pada rapat konsolidasi nasional kesiapan Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).

 Sebelumnya 
Namun, eks Menko Polhukam ini meminta Kapolda Sulawesi Tengah untuk menyelesaikan investigasi tersebut dalam waktu 2 minggu dan meminta tindakan tegas dari Polri terhadap setiap pelanggaran hukum yang teri­dentifikasi.

Pemerintah sebelumnya juga pernah melakukan investigasi mendalam atas terjadinya insiden kebakaran yang terjadi di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) pada tahun lalu. Berkas perkara tersebut saat ini dalam proses diajukan ke persidangan oleh tim penyidik dari Kementerian Ketenagakerjaan.

Baca juga : Usut Tuntas, Cegah Kasus Kecelakaan Kerja Terulang

Luhut pun menggarisbawahi bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan Tata Kelola Industri, terutama dalam aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan Hidup.

Ia menegaskan, tidak ada toleransi bagi kegagalan dalam menerapkan standar K3 yang dapat membahayakan pekerja dan lingkungan.

Baca juga : Partai Garuda: Gibran Unggul Debat, Tak Ada Yang Perlu Diperdebatkan

Luhut juga memerintahkan kepada Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah dan Menteri Per­industrian Agus Gumiwang untuk memastikan SOP dan panduan K3 di seluruh smelter nikel di Indonesia telah memadai dan dilaksanakan dengan baik. Prioritas Pemerintah adalah keselamatan pekerja.

“Kami tidak akan kompromi dengan kegagalan apa pun dalam menerapkan standar keselamatan. Perusahaan harus bertanggung jawab penuh atas konsekuensi dari insiden ini, dan kami akan memastikan keadilan bagi para korban serta keluarga mereka,” tegas Luhut lagi.

Baca juga : Kebut Transisi Energi Di ASEAN, Jokowi: Jepang Punya Peran Penting

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 31/12/2023 dengan judul Audit Smelter Diperketat, Jokowi: Kalau Perlu Tripelin!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.