Dark/Light Mode

Serap 97 Persen Lapangan Kerja

Menaker Minta Pengusaha Kakap Bantu-bantu UMKM

Minggu, 28 Januari 2024 07:30 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Dok. Bentoel)
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. (Dok. Bentoel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertumbuhan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) jadi kunci penting menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengungkapkan, UMKM saat ini telah berhasil menyerap seki­tar 97 persen tenaga kerja. Itu menunjukkan kontribusi signifi­kan UMKM dalam menciptakan peluang pekerjaan dan men­dukung ketersediaan lapangan kerja di Indonesia.

Baca juga : BCA Sinergi Dengan Jamkrindo Beri Penjaminan KUR Bagi UMKM

Ida mengapresiasi pengusaha-pengusaha yang berkontribusi dalam mendorong pertumbu­han UMKM, khususnya dalam upaya mendukung dan mema­jukan ekonomi.

“Peran UMKM di Indonesia sangat krusial karena saat ini telah berhasil menyerap banyak lapangan kerja. Harapannya fasilitas usaha yang diberikan kepada UMKM dapat mem­bantu masyarakat memulai dan mengembangkan usaha mereka,” kata Ida dalam keterangan resminya, di acara penyaluran 100 unit Kedai UMKM Berdaya kepada para pelaku UMKM Jabodetabek dan Jawa Timur oleh Bentoel Group, di Jakarta, Sabtu (27/1/2024).

Baca juga : Partai Buruh Menang, 2,5 Juta Lapangan Kerja Baru Per Tahun

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai, kon­tribusi dari pengusaha besar tersebut dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ke­luarga, menciptakan peluang pekerjaan, dan mendukung per­tumbuhan ekonomi mikro di Indonesia.

“Semoga ini dapat membantu masyarakat untuk memulai dan mengembangkan usaha yang pada akhirnya semoga dapat membantu meningkat­kan kesejahteraan keluarga,” harapnya.

Baca juga : Prabowo: Persaingan Jangan Jadi Permusuhan, Baik-baik Saja

Ida menegaskan, pembangu­nan UMKM tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, tapi juga perlu mendapat perhatian dari perusahaan-perusahaan besar sebagai bagian dari upaya bersama untuk mendorong perkembangan UMKM.

“Kita dorong perusahaan-perusahaan lain melakukan hal yang sama, yakni mendukung tumbuh dan berkembangnya UMKM,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.