Dark/Light Mode

Garap 3 Proyek Transportasi

Menhub Rayu Dubes Jepang

Sabtu, 17 Februari 2024 07:30 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia yang baru, Yasushi Masaki, di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta, Jumat (16/2/2024). (Foto: Dok. Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertemu Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia yang baru, Yasushi Masaki, di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta, Jumat (16/2/2024). (Foto: Dok. Kemenhub)

 Sebelumnya 
Kemudian ia berharap Pemerintah Jepang dapat berkomit­men penuh dalam proyek-proyek infrastruktur transportasi di Indonesia, di antaranya terkait Pelabuhan Patimban dan Bekasi Proving Ground.

“Khusus untuk Pelabuhan Patimban, kami berharap peran serta pihak Jepang dalam pengembangan backup area,” jelasnya.

Baca juga : 27 Petugas KPPS Meninggal

BKS menambahkan, pada April 2024 mendatang, dirinya akan berkunjung ke Tokyo untuk melakukan pertemuan dengan pemerintah Jepang dan be­berapa investor potensial terkait pengembangan Transit Oriented Development (TOD) di sepan­jang jalur MRT North-South dan East-West.

“Saat ini kami bersama MRT Jakarta sedang berkoordinasi dengan MLIT dan Japan Inter­national Cooperation Agency (JICA) untuk mempersiap­kan business forum tersebut,” ungkapnya.

Baca juga : Ada Faktor Ridwan Kamil?

Sementara Yasushi Masaki menyambut baik kerja sama antara Indonesia dan Jepang di bidang transportasi, khususnya terkait proyek MRT dan Pelabu­han Patimban. Menurutnya, kerja sama ini sangat penting bagi kedua negara.

“Mengenai proyek Patimban, saya sangat berterima kasih karena perusahaan Jepang diprioritaskan. Saya akan menga­jak perusahaan-perusahaan Je­pang untuk mengikuti prosedur yang berlaku agar proyek ini bisa diwujudkan,” katanya.

Baca juga : Masih Terlalu Singkat, Awas Kuota Tak Terpakai

Untuk diketahui, dukungan Je­pang dalam proyek transportasi bukan hanya dalam hal teknis dan keuangan, tapi juga sebagai mitra strategis yang ikut mema­jukan Indonesia.

Kerja sama ini harus terus ditingkatkan dan dijadikan contoh bagi kerja sama infrastruktur lainnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 17/2/2024 dengan judul Garap 3 Proyek Transportasi, Menhub Rayu Dubes Jepang       

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.