Dark/Light Mode

Tak Masalah Dikritik, Wajahnya Digambar Aneh-aneh

Jokowi Hormati Kebebasan Pers

Rabu, 21 Februari 2024 08:40 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi dari kiri Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Seskab Pramono Anung, dan Menkominfo Budi Arie Setiadi memukul hadroh dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024 di Ecovention Hall, Ecopark, Ancol, Jakarta, Selasa 20/2/2024. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Presiden Joko Widodo didampingi dari kiri Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Seskab Pramono Anung, dan Menkominfo Budi Arie Setiadi memukul hadroh dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024 di Ecovention Hall, Ecopark, Ancol, Jakarta, Selasa 20/2/2024. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan dirinya sangat menghormati kebebasan pers. Karena itu, eks Wali Kota Solo itu mengaku tidak alergi dikritik media. Bahkan, Kepala Negara juga tidak ambil pusing ketika wajahnya digambar aneh-aneh.

Hal itu disampaikan Jokowi saat berpidato pada acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang dilaksanakan di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/2/2024). Tema yang diangkat pada HPN tahun ini adalah “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Jokowi tiba di lokasi acara pukul 15.50 WIB. Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan batik cokelat lengan panjang.

Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Seperti Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Mendagri Tito Karnavian.

Baca juga : Dikabarkan Jadi Menko Polhukam Dan Menteri ATR, Hadi Dipuji-puji, AHY Sudah Siap

Selain itu, hadir juga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Kehadiran Jokowi disambut meriah oleh ratusan peserta HPN. Mereka mengabadikan momen kedatangan Jokowi dengan handphone-nya masing-masing. Jokowi pun melemparkan senyum dan memberikan gestur tangan ucapan terima kasih.

Jokowi kemudian langsung duduk di depan. Jokowi duduk sebaris dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun dan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu.

Acara dibuka dengan penampilan Tari Kembang Batavia dari Dinas Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga : Prediksi Hasil Pileg 2024: Banyak Kejutan, Nama Besar Rawan Tumbang

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2024 kepada seluruh insan pers di Tanah Air. “Pertama-tama atas nama rakyat, atas nama Pemerintah, saya menyampaikan selamat Hari Pers Nasional 2024,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers yang secara konsisten menemani masyarakat dalam kehidupan berdemokrasi. Dia juga berterima kasih kepada pers yang turut mengawal Pemilu 2024.

Barulah, Jokowi menyinggung kerja pers yang kerap mengkritiknya dengan berbagai macam cara. “Saya sering dikritik tajam. Ada gambar wajah saya yang unik-unik, yang aneh-aneh di sampul media, di sampul majalah, di media sosial. Ramai sekali, aneh-aneh, tapi tidak apa-apa, tidak ada masalah buat saya,” ungkap Jokowi.

Hanya saja, Jokowi bercerita kejadian tersebut sempat membuat cucunya komplain. “Mbah, wajahnya kok jadi digambar jelek banget?” cerita Jokowi.

Baca juga : Belum Bahas Menteri, Prabowo Ojo Kesusu

Kendati demikian, Jokowi menganggap, hal itu adalah sesuatu yang biasa. Jokowi juga tidak mempermasalahkan kritik yang datang dari media terhadapnya. “Ini bagian dari penghormatan saya atas kebebasan pers, kebebasan berekspresi, dan kebebasan berpendapat,” jelas Jokowi.

Selain itu, dalam kesempatan ini Jokowi juga membahas regulasi tentang Publisher Rights. Kata Jokowi, dirinya telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.