Dark/Light Mode

BKS Genjot Angkutan Umum

Diluncurkan, Biskita Trans Bekasi

Senin, 4 Maret 2024 07:30 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian Biskita Trans Bekasi Patriot, di Halte BTS Mall Summarecon Bekasi, pada Minggu (3/3/2024). (Foto: Dok. Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian Biskita Trans Bekasi Patriot, di Halte BTS Mall Summarecon Bekasi, pada Minggu (3/3/2024). (Foto: Dok. Kemenhub)

 Sebelumnya 
Skema tersebut dilakukan dengan membeli layanan trans­portasi umum yang memenuhi standar pelayanan minimal mu­lai dari aspek kenyamanan, keamanan, keselamatan, keterjangkauan, serta kesetaraan.

Bekasi merupakan kota ke-12 yang telah menerapkan layanan BTS. Kota-kota lain yang telah lebih dulu menerapkan BTS adalah Bogor, Palembang, Medan, Bali, Solo, Yogyakarta, Makassar, Banyumas, Banjarmasin, Bandung dan Surabaya.

Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Marta Hardisarwono berharap Biskita Trans Bekasi Patriot di­manfaatkan warga untuk mobili­tas. Sehingga dapat mengalihkan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum massal.

Baca juga : Ada Upaya Singkirkan PPP?

“Integrasi dengan LRT Jabodebek diharapkan meningkatkan layanan dan lebih memudahkan mobilitas warga,” ujarnya.

Analis transportasi jalan dari Forum Transportasi Jalan dan Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) AM Fikri, mengingatkan skema BTS sama seperti layanan angkutan umum lainnya yang harus berangkat dari kebutuhan warga agar tepat sasa­ran dan okupansinya ideal untuk menunjang biaya operasional.

Hal itu juga harus ditunjang komitmen daerah agar layanan tak berhenti di tengah jalan seperti yang sempat terjadi dengan Biskita Transpakuan.

Baca juga : Program Pertanian Jadi Tepat Sasaran

Menurut Fikri, ada sejumlah hal teknis yang mesti diperhati­kan, yakni kebutuhan warga agar tepat sasaran dan okupansinya ideal untuk menunjang biaya operasional.

Selain itu, harus ada survei kebutuhan dan komunikasi yang intens dengan warga, uji coba yang komunikatif dengan warga di sepanjang rute, dan evaluasi yang melibatkan warga.

Evaluasi tersebut sebaiknya secara periodik untuk mengukur tingkat kepuasan warga saat rute sudah diresmikan.

Baca juga : BTN Kian Modern Dan Adaptif Di Era Digital

“Lalu, memaksimalkan fungsi terminal. Jangan sampai ada bus yang rutenya berakhir di pinggir jalan,” tegasnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 4/3/2024 dengan judul BKS Genjot Angkutan Umum, Diluncurkan, Biskita Trans Bekasi      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.