Dark/Light Mode

Pesan Menteri Siti Buat Pemuda

Yuk Ah, Tunjukkan Sikap Peduli Sama Lingkungan

Selasa, 5 Maret 2024 07:30 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. (Foto: Dok. Kementerian LHK)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. (Foto: Dok. Kementerian LHK)

 Sebelumnya 
Langkah kedua, berkaitan dengan kondisi dan tingkatan tantangan yang bervariasi dari satu negara ke negara lain. Termasuk, di daerah-daerah di negara tersebut. Makanya, dia juga berpesan agar inovasi yang mereka cetuskan itu didasarkan atas pemahaman mendalam mengenai isu lokal yang dite­mukan.

“Kemudian dituangkan dalam bentuk-bentuk ide yang terus dikembangkan dan disempur­nakan,” jelasnya.

Siti berharap, para pemuda khususnya jebolan GLI untuk mengambil peranan dalam mem­besarkan gerakan keadilan iklim di dunia.

Baca juga : Ambang Batas Parlemen 4 Persen,Turunin Apa Hapus Sekalian?

Mereka perlu mendukung dengan sungguh-sungguh dalam menjalankan agenda penurunan emisi gas rumah kaca bersama Pemerintah. Targetnya pun harus jelas dan terukur.

“Indonesia berupaya tetap konsisten menjalankan agenda penurunan emisi gas rumah kaca dengan target-target yang jelas,” katanya.

Dia menuturkan, Indonesia saat ini tengah menjalankan secara konsisten Forestry and Other Land Use (Folu) Net Sink 2030 dengan target penurunan emisi dalam enhanced Nationally Determined Contribution (NDC) sebesar 31,89 persen dengan usaha man­diri nasional, serta 42,3 persen penurunan dengan dukungan kerja sama teknik luar negeri.

Baca juga : Anggota DPRD DKI Disambut Pakaian Dinas Rp 3 Miliar

“Pelibatan generasi muda dalam implementasi langkah-langkah penurunan emisi begitu penting, karena saat ini dunia dihuni oleh tidak kurang dari 1,8 miliar berusia 10 sampai 24 tahun,” jelasnya.

Sementara di Indonesia, kata Siti, tidak kurang dari 65 juta orang atau 28 persen penduduk berada pada kategori usia 10-24 tahun. Karena itu, para pemuda yang tergabung di GLI diharapkan mengambil peran besar dalam menghadapi berbagai tantangan dan krisis terkait lingkungan.

GLI merupakan program pen­didikan lingkungan hidup bagi para pemuda. GLI mendukung implementasi pengembangan keterampilan atau kemampuan lapangan lulusannya.

Baca juga : Terobosan Menjaga Kedaulatan Pangan

Di antaranya, bermanfaat dalam upaya mengatasi masalah lingkungan dan kehutanan di lapangan. Program ini sekaligus berupaya menguatkan kepedu­lian terhadap lingkungan di tengah-tengah masyarakat.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 5/3/2024 dengan judul Pesan Menteri Siti Buat Pemuda, Yuk Ah, Tunjukkan Sikap Peduli Sama Lingkungan      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.