Dark/Light Mode

Masyarakat Diimbau Ikut Program Mudik Gratis

Gaes…Mau Pulkam Jangan Pake Motor Ya, Berbahaya

Kamis, 21 Maret 2024 07:25 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (18/3/2024). (Foto: Kemenko PMK)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan keterangan pers usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (18/3/2024). (Foto: Kemenko PMK)

 Sebelumnya 
Di media sosial X, netizen juga waswas perjalanan mudik menggunakan sepeda motor. Selain rawan kecelakaan, per­jalanan jauh dengan sepeda mo­tor juga menguras tenaga alias bikin capek.

Akun @JameelaArin menyarankan pemudik dengan sepeda motor diisi oleh dua orang. Sebab, kelebihan kapasitas akan mengurangi kenyamanan dan meningkatkan risiko kecelakaan, atau membahayakan.

“Kalau mau mudik apalagi anggota keluarga lebih dari 2, jangan menggunakan motor ya gaess. Beban supirnya semakin berat,” cuitnya.

Baca juga : Warga Kamal Hemat Ratusan Ribu/Bulan

Senada, Akun @GaguMargu juga menilai, perjalanan mu­dik dengan sepeda motor akan sangat melelahkan. Namun, banyak pemudik yang tidak mempunyai pilihan lain.

“Sebenarnya, nggak ideal kalau mudik naik motor. Tapi, kalau nggak ada pilihan, jangan lupa tips amannya ya,” tulisnya.

Akun @Aku_dgn3putra me­nambahkan, para pemudik ber­motor harus kenal betul dengan kondisi jalan yang akan dilaluinya.

Baca juga : Indonesia Vs Vietnam, Kemenangan Harga Mati

“Kasihan banget masyarakat menengah ke bawah yang hanya punya kendaraan motor untuk mudik. Apalagi kalau jalan dalam kota sepanjang Pantura menerapkan ganjil genap, bakal ribet dah,” ujarnya.

Akun @triixdy menilai, jalur Pantura banyak yang tidak ra­mah bagi pemotor. Dia mendo­rong Pemerintah segera mem­berbaiki seluruh ruas jalan demi kenyamanan dan keselamatan seluruh pengendara.

“Sumpah, jalan Pantura mu­lai setelah Karawang, bahaya banget buat motor. Penerangan kurang, jalan bergelombang, jalan tambelan tapi nggak rata, banyak lubang dalamnya 10 centimeter. Sudah mau musim mudik jalan begitu gila bahaya banget, masa tunggu ada korban dulu,” ucapnya.

Baca juga : Halep Dikritik Wozniacki

Namun, ada juga netizen yang mengaku menikmati per­jalanan mudik dengan motor. Terpenting, para pengendara harus mengetahui tempat-tempat istirahat, karena perjalanan san­gat melelahkan.

“Sebagai orang yang sering mudik pakai motor, ada mushola atau masjid yang bisa dipake buat istirahat itu sebuah nikmat yang susah ditemui. Sebab, kebanyakan nggak bisa dipakai buat istirahat,” ujar akun @selenophiland

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 21 Maret 2024 dengan judul Masyarakat Diimbau Ikut Program Mudik Gratis, Gaes…Mau Pulkam Jangan Pake Motor Ya, Berbahaya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.