Dark/Light Mode

Kemenkominfo Tekankan Bahaya Hoaks Jadi Implikasi Nyata Penyalahgunaan Internet

Selasa, 26 Maret 2024 05:30 WIB
Kemenkominfo menggelar Literasi Digital untuk menekankan bahaya hoaks sebagai salah satu implikasi nyata penyalahgunaan internet. (Foto: Kemenkominfo)
Kemenkominfo menggelar Literasi Digital untuk menekankan bahaya hoaks sebagai salah satu implikasi nyata penyalahgunaan internet. (Foto: Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menggelar kegiatan Literasi Digital untuk menekankan bahaya hoaks sebagai salah satu implikasi nyata penyalahgunaan internet. Terlebih lagi di tengah arus modernisasi yang memudahkan perkembangan teknologi, internet membawa banyak potensi.

Hal yang patut digarisbawahi adalah, potensi tersebut tidak melulu berimbas positif.

“Internet mempunyai 2 dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif, kita harus memperbanyak konten- konten positif untuk mengimbangi konten- konten negatif di internet”, ujar Ketua Tim Literasi Digital sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso pada acara yang digelar di Gedung Pascasarjana Universitas Tadulako Palu.

Bambang mengimbau seluruh peserta untuk turut berkontribusi di ruang digital dengan menciptakan konten-konten positif sebagai bentuk memerangi berita hoaks yang beredar di internet.

Baca juga : Kemenkominfo Dorong Edukasi Literasi Digital dalam Lingkup Keluarga

“Kegiatan Literasi Digital yang terselenggara bersama Universitas Tdulako ini diharapkan dapat memberikan pemahaman praktis kepada peserta agar tidak lagi terdapat penyalahgunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari,”ujar Bambang.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, empat pilar literasi digital yang dinilai penting untuk disampaikan kepada para peserta sehingga pemahamannya semakin meningkat ke arah yang lebih baik.

Sementara itu, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako, Ahmad Herman membuka paparan Digital Ethics dengan pernyataan dualisme teknologi.

Menurut Ahmad, teknologi adalah "way of life“ namun dapat juga menjadi senjata yang berbalik bagi penggunanya, salah satunya adalah kemunculan hoaks.

Baca juga : 1 Kapolda Bakal Bersaksi di MK, Kapolri Ikut Penasaran

“Hoaks muncul dari penyalahgunaan teknologi dan informasi. Gencar dan tidak dapat dihentikan 100 persen, tapi yang mampu kita lakukan adalah menekan kemunculannya agar tidak berkembang menjadi masif dan menimbulkan gejolak sosial,” tutur Ahmad.

Ahmad melanjutkan, terdapat beberapa cara untuk kebal terhadap hoaks, antara lain adalah, baca keseluruhan isi berita, berpikir kritis, check & rechek , kurangin baper terhadap informasi yang sensitif, tahan jempol sebelum sharing, lapang dada toleran dan sabar dalam interaksi serta melatih integritas, dengan selalu jujur, dan adil terhadap berita yang benar.

Kiat-kiat juga turut disampaikan oleh Pandu Digital Badge Hitam, Fajar Eri Dianto untuk mendekonstruksi informasi yang didapatkan pengguna internet, utamanya di sini adalah para mahasiswa Universitas Tadulako.

Menurut Eri, mahasiswa harus kritis dengan beragam analisis.

Baca juga : Kemenag Usulkan Bukti Bayar Zakat Jadi Syarat Naik Jabatan ASN

“Contoh kiat-kiat tersebut bisa dimulai dari pemikiran untuk dapat memahami kontradiksi dalam makna sebuah info, sehingga dapat mengubah teks dan merumuskan pemaknaan yang sesuai dan sengaja disembunyikan,” jelas Eri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.