Dark/Light Mode

Jaksel Jadi Kota Lengkap, Menteri AHY Ingin Jakarta Bebas Mafia Tanah

Rabu, 3 April 2024 01:03 WIB
Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono  mendeklarasikan Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (2/4/2024).
Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono mendeklarasikan Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai Kota Lengkap di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa (2/4/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendeklarasikan Kota Administrasi Jakarta Selatan, sebagai Kota Lengkap di Balai Kota DKI Jakarta. Dengan dinyatakannya sebagai Kota Lengkap, maka akan mempersempit ruang gerak mafia tanah.

"Kita ingin kerja secara serius. Keberadaan Satgas-Anti Mafia Tanah yang melibatkan Kepolisian dan Kejaksaan, termasuk pemerintah daerah bisa memperkokoh pemberantasan mafia tanah. Bukan hanya rakyat yang menjadi korban, tapi mafia tanah merugikan keuangan negara," tegas Menteri ATR/Kepala BPN pada Selasa (2/4).

Menurut AHY, wujud semangat dalam memberantas mafia tanah dan menyelamatkan aset negara sekaligus mendatangkan investasi adalah dengan melakukan sertipikasi aset-aset Pemda. 

Baca juga : Menteri AHY dan Pj Gubernur DKI Deklarasi Kota Lengkap Jakarta Selatan

"Saya minta kepada jajaran Kanwil dan Kantah untuk dapat mengawal, menyertipikatkan aset BMD dan BUMD, sehingga tidak ada lagi tanah yang menimbulkan konflik sengketa, baik antar sesama instansi pemerintah, swasta dengan pemerintah, dan swasta dengan masyarakat. Mudah-mudahan bisa menjadi manfaat dan kekuatan bagi upaya yang telah kita lakukan ini," katanya.

Bukan hanya berantas mafia tanah, keunggulan lain dari Kota Lengkap kata AHY adalah bisa mempermudah Pemda dalam melakukan penataan wilayah dan khususnya membuat kebijakan perpajakan, semakin banyak yang memiliki kepastian hukum hak atas tanah baik itu aset milik negara dan masyarakat, meminimalisir interaksi pertemuan tatap muka, dan memudahkan penerapan sistem elektronik.

Seperti yang baru dilakukan oleh Menteri AHY dalam kesempatan yang sama, yaitu melaunching Layanan Elektronik di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan. 

Baca juga : Soal Jatah Menteri, Golkar Tak Mau Buru-buru

Selain meluncurkan layanan Elektrtonik, AHY menyerahkan sebanyak 703 Sertipikat Tanah Elektronik. Sertipikat tersebut diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 700 sertipikat dan tiga Sertipikat Tanah Elektronik lainnya untuk masyarakat yang berdomisili di Kota Administrasi Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat. 

Menteri AHY menyebut, penyerahan Sertipikat Tanah Elektronik dan launching layanan elektronik ini menunjukkan bahwa semangat transformasi digital dalam urusan sertipikasi tanah terus dijalankan. Tak hanya itu, deklarasi Kota Lengkap juga menjadi bagian dari target Kementerian ATR/BPN untuk mewujudkan 104 Kabupaten/Kota Lengkap.

"Ini menjadi bagian dari gerakan nasional dan kita harapkan bisa menjadi bukan hanya terobosan digital tapi sejatinya apa yang menjadi keunggulan jika kota/kabupaten sudah dinyatakan lengkap apalagi sudah secara utuh bisa menjalankan layanan elektroniknya," kata Menteri AHY.

Baca juga : Potensial, Menteri Teten Ingin Bahan Baku Serat Rami Perkuat Industri Tekstil

Sehubungan dengan layanan elektronik, Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan bahwa implementasi layanan elektronik merupakan bentuk komitmen Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta maupun Kementerian ATR/BPN hadir supaya masyarakat bisa mendapatkan haknya dengan proses yang lebih cepat. 
 
"Ini memudahkan dan menambah kenyamanan, menambah akurasi dan keamanan bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta karena sertipikat yang diserahkan adalah Sertipikat (Tanah) Elektronik. Semangat kami adalah mendukung program Kementerian ATR/BPN dalam rangka masyarakat bisa mendapatkan haknya," pungkasnya.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.