Dark/Light Mode

Ayo Perbankan, Jangan Cuma Mau Biayai Yang Gede-gede Aja

Rabu, 6 November 2019 19:06 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam Pembukaan Indonesia Banking Expo 2019, di Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11) siang. (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam Pembukaan Indonesia Banking Expo 2019, di Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11) siang. (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta perbankan untuk mendorong penyaluran kredit kepada usaha mikro dan usaha kecil. Terlebih, di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia seperti sekarang ini.

“Berikan prioritas ke sana. Agar gini ratio kita, gap kesenjangan bisa kita perkecil. Kita harus mendorong pertumbuhan ekonomi di bawah,” kata Jokowi dalam sambutannya, saat membuka  Indonesia Banking Expo 2019, di Ballroom Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11) siang.

Sejalan dengan inklusi keuangan, Jokowi meminta perbankan agar lebih berkontribusi dalam meningkatkan kelas pengusaha. Dari yang mikro menjadi usaha kecil, usaha kecil ke  usaha menengah, dan mendorong yang di tengah untuk menjadi besar.

Baca juga : India Kasih Korting Bea Sawit

Dari pengusaha lokal, supaya bisa ditingkatkan menjadi pengusaha nasional. Dari pengusaha nasional, tingkatkan lagi ke pengusaha yang bisa bergerak di global market.

Untuk itu, Jokowi  mengajak para bankir, agar jangan hanya membiayai yang besar-besar saja.

“Memang enak membiayai yang besar-besar itu, saya tahu. Sekali lagi, jangan membiayai yang besar-besar saja. Saya ulangi, jangan hanya membiayai yang besar-besar saja. Ini kalau tepuk tangan, artinya bapak ibu semuanya setuju. Saya catat lho, ini tepuk tangannya. Juga jangan membiayai yang itu-itu saja. Tepuk lagi, artinya setuju,” pinta Jokowi.

Baca juga : Bebas Dari Rutan, Sofyan Mau Langsung Pulang ke Rumah

Jokowi juga mendesak kalangan perbankan, agar jangan hanya berkantor di Jakarta saja. Ia berharap, perbankan mau buka cabang di Wamena, misalnya.

"Kawal mereka yang mikro, yang kecil-kecil ini. Karena gede banget jumlahnya. Data yang saya peroleh, sudah 60 juta. Berikan. Jangan yang ngurus hanya BRI saja. Yang lain, urus itu yang kecil-kecil yang ada di daerah, yang ada di desa, yang ada di pelosok. Saya hanya ingin mengingatkan itu pada kesempatan yang baik ini. Datangi daerah-daerah. Datangi daerah-daerah,” pesan Jokowi.

"Memberikan ke yang besar itu, untungnya besar. Biayanya juga lebih murah. Kalau ke yang kecil itu biayanya lebih tinggi, capek, untungnya lebih kecil. Saya tahu itu. Tapi saya mengajak kepada kita semuanya untuk mulai mau memperhatikan mereka untuk masa depan bangsa dan negara kita,” imbuhnya.

Baca juga : Panas-panas Gini, Jangan Lupa Minum Biar Nggak Dehidrasi

Turunkan Suku Bunga Kredit

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga mengajak perbankan untuk serius berupaya menurunkan suku bunga kredit.  Ia mengingatkan, negara lain sudah turun. Sedangkan di negara kita, baru BI rate-nya yang sudah turun. Banknya belum.

“Ini saya tunggu. Tepuk tangan berarti setuju, oke saya catat lagi,” tegasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.