Dark/Light Mode

Pegawai Desa Diminta Beralih Gunakan Teknologi Keuangan

Senin, 14 Januari 2019 13:35 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDT) Eko Putro Sandjojo (tengah atas) saat berkumpul denga para pendamping desa di Bali, Sabtu (12/1). (Foto: Twitter @Eko P.Sandjojo)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDT) Eko Putro Sandjojo (tengah atas) saat berkumpul denga para pendamping desa di Bali, Sabtu (12/1). (Foto: Twitter @Eko P.Sandjojo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain di kota besar, warga desa juga wajib paham teknologi agar tidak ketinggalan dengan dunia yang semakin maju. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, keberadaan teknologi diperuntukkan agar pegawai desa dan masyarakat tidak gatek (gagap teknologi). 

“Pegawai desa, pengawas dan pengelola dana desa harus belajar bagaimana caranya mengelola dana tersebut, dengan teknologi, tidak lagi dengan cara manual,” ujar Eko.  Hal itu, kata dia, masyarakat desa juga harus siap menghadapi Revolusi Industri 4.0 dengan pemanfaatan data, big data dan artifisial intelligence menjadi suatu keniscayaan yang tidak bisa dihindari. 

Baca juga : Prabowo Diminta SBY Jaga Kondisi Kesehatan

“Bukan hanya di kota besar, tapi masyarakat desa juga harus siap. Semua harus berusaha untuk memanfaatkannya agar tidak ketinggalan dan tidak membuat efek yang negatif,” kata Eko. Ia mencontohkan, salah satu pemanfaatan teknologi untuk percepatan pelaporan, pengawasan, dan manajemen keuangan di desa dengan menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (siskeudes). 

Keuntungannya, dengan sistem atau aplikasi yang menggunakan teknologi tersebut, mempercepat dalam sisi pelaporan karena tidak menggunakan cara-cara manual. Pengawasannya juga langsung sampai ke pusat dan sistem tersebut menjangkau hingga pelosok. 

Baca juga : Liverpool: Indonesia, Kalian Tidak Berjalan Sendirian

“Teknologi harus bisa kita manfaatkan. Dengan Siskeudes, pelaporan lebih baik dan cepat, penyerapan anggaran atau pelaporan dana desa juga lebih baik karena menggunakan internet. Dan datanya secara real time bisa di upload ke pusat jadi saya bisa tahu penyerapannya secara real time,” ujarnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.