Dark/Light Mode

Bupati Taput Pelototin Duit Desa Dalam Penanganan Corona

Sabtu, 4 April 2020 20:17 WIB
Rapat penggunaan dana desa dalam penanganan corona bersama Ketua Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan se-Taput, di Ruang Kerjanya Kantor Bupati Tapanuli Utara, Jumat (3/04).(foto:humaspemkabtaput)
Rapat penggunaan dana desa dalam penanganan corona bersama Ketua Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan se-Taput, di Ruang Kerjanya Kantor Bupati Tapanuli Utara, Jumat (3/04).(foto:humaspemkabtaput)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan meminta kepada kepala desa bekerja cepat dan efisien dalam pengelolaan keuangan pencegahan penyebaran virus corona.

"Seluruh Kades harus mengelola keuangan desa dengan baik dan berkoordinasi dengan pusat melalui perangkat daerah terkait. Kades harus bekerja cepat, efektif dan efisiensi, terutama dalam penempatan dan penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD)," kata Nikson dalam keterangan tertulisnya kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (4/04).

Bupati mengingatkan, agar penggunaan DD dan ADD dalam penanganan virus corona digunakan tertib administrasi. Hal ini penting supaya pembangunan di daerah tetap berjalan.

Baca juga : Bos BNPB Ibaratkan Penanganan Corona Seperti Perang

"Anggaran jangan dihamburkan. Penggunaan harus bijak dan tertib administrasi. Kita tidak tau kapan kondisi pandemi Covid-19 ini berakhir, namun kita harus mampu mengantisipasi agar pembangunan tetap berjalan, tidak boleh stagnan," kata Nikson.

Bupati dari PDI Perjuangan ini berharap pengelolaan keuangan pandemi corona ini dilakukan secara transparan dan tepat sasaran. 

Ia tidak ingin dikemudian hari menjadi masalah hukum dalam pengelolaan keuangan tersebut. Ia juga berpesan pembangunan Pos Relawan Desa, tidak menelan biaya tinggi.

Baca juga : Deddy Sitorus Puji Kinerja BUMN dalam Tangani Wabah Corona

"Saya minta setiap desa seragam mengikuti ketentuan yang ditetapkan. Pos relawan desa harus aktif bertugas sesuai SOP. Silahkan mengajak warga dan perantau untuk mendukung relawan desa karena ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus dipikul bersama melawan virus corona," ujarnya.

Terkait penanganan virus corona, Bupati mengingatkan agar memperhatikan kualitas disinfektan yang direkomandasikan oleh Dinas Kesehatan sehingga tidak memberikan dampak negatif yang merugikan.

Bupati juga mengimbau kepada Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Kecamatan se-Taput, supaya menyampaikan informasi kepada seluruh kades. Termasuk membagikan masker kepada yang masyarakat dan tenaga medis yang membutuhkannya.

Baca juga : Del Piero Minta Dybala Jangan Hengkang dari Juventus

"Saya percaya ketua APDESI sebagai perpanjangan tangan pemerintah mampu menyampaikan hasil pertemuan ini kepada kades yang lain, apa yang kita instruksikan dikerjakan seluruh desa. Sosialisasikan juga kepada masyarakat terutama perangkat desa dan PKK Desa untuk bertanam pangan dan ternak terutama tanaman Palawija," katanya. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.