Dark/Light Mode

Kemenag Bantu Janda Terdampak Covid-19

Jumat, 24 April 2020 08:06 WIB
Foto: Dok. Kemenag
Foto: Dok. Kemenag

 Sebelumnya 
Kemenag menargetkan penyerahan bantuan sembako ini bisa mendorong percepatan pelaksanaan gerakan jajaran Kemenag Peduli di seluruh Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Kemenag sejak Maret lalu melalui Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 bersama satuan kerja (Satker) di seluruh daerah memiliki program aksi kepedulian untuk membantu masyarakat.

Menurut Anni, sejumlah jajaran Kemenag di daerah sudah banyak yang melakukan aksi kepedulian. Antara lain jajaran Kanwil Kemenag Jatim yang telah menyalurkan bantuan dengan total Rp 1,5 miliar.

Baca juga : UIN Bandung Gelar Zikir dan Doa Bersama di Tengah Covid-19

Bantuan tersebut juga berasal dari donasi yang dikumpulkan seluruh ASN Kemenag se-Jawa Timur.

“Bantuan itu disalurkan untuk para satpam, penjaga malam KUA se-Jawa Timur, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), guru ngaji, anak yatim, janda kurang mampu, dan pondok pesantren,” ungkapnya.

Bantuan juga diberikan kepada keluarga ASN terdampak Covid-19 yang meninggal dunia, dan menjalani isolasi mandiri, serta masyarakat sekitar kantor terdampak.

Baca juga : Pelarangan Mudik Berlaku Untuk Semua Moda Transportasi

Selain Kanwil Jatim, Anni menyebutkan Kanwil Kemenag Riau juga telah melakukan aksi peduli. Mereka membagikan ribuan masker kepada para pedagang dan masyarakat yang melintas di Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru. Kemudian jajaran Kemenag Provinsi Aceh.

Menurutnya, Kemenag Aceh menyalurkan daging meugang (daging untuk merayakan tradisi Aceh menyambut Ramadhan, red) dan sembako yang dibagikan kepada 166 anak yatim dan dhuafa di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar.

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Kemenag terhadap kaum dhuafa di Aceh dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, sekaligus meringankan beban masyarakat Aceh di tengah wabah Covid-19.

Baca juga : Kontraktor China Bantu Bangun Bangsal Perawatan Pasien Corona

“Ibarat mata rantai yang tak putus, kepedulian Kemenag terus bertumbuh di semua daerah,” pungkasnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.