Dark/Light Mode

Kemenkop Dorong Kopisetara Kembangkan Wisata Alam

Kamis, 7 Mei 2020 12:20 WIB
Teten Masduki
Teten Masduki

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki siap mendukung Koperasi Jasa Sentra Wisata alam Nusantara (Kopisetara) dalam upaya mengembangkan destinasi wisata di Indonesia, sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat dari aktivitas pariwisata yang ramah lingkungan.

"Pariwisata telah ditetapkan sebagai sektor unggulan yang diharapkan menyumbangkan kontribusi besar bagi perekonomian bangsa," ucap Teten dalam video conference virtual di Jakarta, Rabu (6/05).

Secara khusus lanjut dia, Presiden Jokowi meminta agar terus dikembangkan pemanfaatan perhutanan sosial dengan desa wisata ini, sehingga pemanfaatan jasa lingkungan itu, akan jauh lebih memberikan manfaat dan juga tidak merusak fungsi ekosistem.

Baca juga : China Ajak Indonesia Kembangkan Vaksin Covid-19

Untuk itu, pihaknya sangat mendukung aktivitas Kopisetara yang bermitra dengan Federasi Mountaineering Indonesia, untuk menjadi penggerak wisata alam di Indonesia. Terlebih Kopisetara juga punya keyakinan untuk bisa memanfaatkan jasa lingkungan memanfaatkan lokasi-lokasi konservasi untuk kegiatan wisata berkelanjutan.

“Kami ingin bekerja sama dengan Kopisetara untuk mengembangkan selain di 5 destinasi wisata, juga potensi pemanfaatan jasa lingkungan di berbagai daerah,” ucapnya.

Ia menilai, pariwisata merupakan sektor yang sangat prospektif untuk mendatangkan kesejahteraan kepada masyarakat secara adil dan merata, tanpa mengeksploitasi alam secara berlebihan dan tanpa harus membuka keran impor.

Baca juga : Komisi X DPR Dorong Program Pendidikan Jarak Jauh

Untuk itu, pihaknya siap berkoordinasi dan bersinergi dengan Kementerian/Lembaga lain untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di Tanah Air.

“Kami memang masuk ke semua sektor, tapi fungsi kami lebih ke pengembangan kewirausahannya,” ucap Teten.

Kementerian juga siap menggandeng Kopisetara untuk mendukung gerakan kewirausahaan dan memperkuat kompetensi SDM, yang bergerak di bidang pariwisata, khususnya yang fokus pada kelestarian alam.

Baca juga : Kena Dampak Corona, IKM Diusulkan Dapat Pinjaman Lunak

”Nanti kita bisa bekerja sama dengan berbagai pihak. Termasuk di Kopisetara. Kita akan mengembangkan desa-desa wisata dan memanfaatkan jasa lingkungannya," pungkasnya. [DWI]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.