Dark/Light Mode

Dukung PON XX Papua 2020

PUPR Kebut Proyek 4 Arena Olahraga

Kamis, 14 Februari 2019 06:12 WIB
Salah satu pembangunan arena olahraga di Papua untuk persiapan PON XX 2020. (Foto : istimewa)
Salah satu pembangunan arena olahraga di Papua untuk persiapan PON XX 2020. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan empat arena olahraga di Provinsi Papua, terus dikebut. Proyek ini untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, pada tahun 2020.

Pembangunan arena olahraga dilakukan di Kabupaten Jayapura, yakni arena Aquatic dan ISTORA Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Cricket dan Lapangan Hockey (Indoor dan Outdoor) di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu.

Baca juga : Diplomasi TNI Di Papua Tak Menyerang, Cuma Merespon Serangan

“Pembangunan infrastruktur dalam rangka mendukung PON XX 2020 di Papua, harus diperhatikan secara detail, mulai dari tahap desain, tahap pembangunan hingga tahap pengawasannya,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pembangunan arena Aquatic telah dimulai sejak Desember 2018 menggunakan anggaran APBN Kementerian PUPR sebesar Rp 389,63 miliar, oleh penyedia jasa konstruksi PT Waskita Karya dan ditargetkan rampung pada Juli 2020. Arena Aquatic nantinya dilengkapi dengan fasilitas pool system sesuai standar Fédération Internationale de Natation (FINA) yang merupakan induk organisasi internasional olahraga renang.

Baca juga : Mendes PDTT : Awas, Dana Desa Bukan Untuk Bayar Gaji Guru

Kemudian dilengkapi juga dengan lighting yang meliputi sports dan area floodlighting dengan standar field of play (FOP), timing system, master clock di lantai 1, lantai 2, dan scoring board. Arena Aquatic juga akan dilengkapi fasilitas tata suara dan tata udara, CCTV, dan tribun penonton.

Selain itu juga dilengkapi fasilitas tambahan seperti penataan kawasan untuk parkir, lansekap, drainase, dan bangunan penunjang disesuaikan dengan batas kawasan. Saat ini, tengah dilakukan pengecoran Bore Pile titik pertama, penyediaan material Bore Pile On Site, kemudian pengecoran Bore Pile dan pembuatan Direksi Keet, serta dilakukan pengecoran jalan akses untuk pekerjaan. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :