Dark/Light Mode

Mobile Laboratorium Percepat Uji Corona

Rabu, 22 Juli 2020 10:15 WIB
Menristek/BRIN Bambang PS Brodjonegoro (kedua kiri) saat meninjau Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2). (Foto: Kemristek/BRIN)
Menristek/BRIN Bambang PS Brodjonegoro (kedua kiri) saat meninjau Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2). (Foto: Kemristek/BRIN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu inovasi karya Konsorsium Riset Dan Inovasi Covid-19, Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2). Tak hanya meningkatkan uji kapasitas virus corona, laboratorium itu mudah dipindahtempatkan ke lokasi yang memerlukannya.

“Kehadiran Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2) tentu akan sangat membantu pemerintah untuk mencegah dan menangani Covid-19,” ungkap Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro saat meluncurkan BSL-2 di RS TNI AD Ridwan Meuraksa, Jakarta.

Baca juga : Rektor USU Kena Corona

BSL-2 merupakan karya anak bangsa. BSL-2 menggunakan container 20 Fead. Kendaraan laboratorium ini mempunyai kapasitas pemeriksaan swab sekitar 120 spesimen per 12 jam.

Mobile BSL-2 memiliki dua ruangan laboratorium. Laboratorium ini dilengkapi berbagai fasilitas pendukung tes Covid-19. Juga memiliki fasilitas kamera ditempatkan di dalam laboratorium dan sarana komunikasi antara petugas di dalam dan di luar lab.

Baca juga : Proyek Infrastruktur Prioritas Tetap Jalan Di Masa Corona

Keberadaan mobil laboratorium itu dapat memperkuat kapasitas pemeriksaan spesimen Covid- 19, yang selama ini dianggap masih kurang.

Bambang mengatakan, tidak hanya di Jakarta, BSL-2 juga akan dikirimkan ke daerah-daerah.

Baca juga : Pemerintah Kini Makin Lincah Tes Covid-19

Dipaparkannya, kehadiran BSL-2 merupakan hasil Konsorsium Covid- 19 yang di dalamnya melibatkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), peneliti, BUMN, swasta dan filantropi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.