Dark/Light Mode

#Dirumahsaja Bikin Bosen

Kali ini, Luhut Sehati Dengan Rakyat

Senin, 27 Juli 2020 06:59 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Menurut Luhut, pemulihan pariwisata karena wabah dan instabilitas politik membutuhkan waktu rata-rata 10 bulan. Kendati pandemi belum berakhir, pemerintah akan mulai membuka kembali sektor pariwisata dengan perlahan. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti menjaga jarak, menge nakan masker dan rajin cuci tangan.

Jika sektor pariwisata bergerak diharapkan akan ada penyerapan kembali tenaga kerja. Salah satu cara meningkatkan pergerakan ekonomi, Luhut mengeluarkan kebijakan perjalanan dinas di tujuh ke menterian di bawah kordinasi Kemenko Kemaritiman dan investasi.

Perjalanan dinas diklaim dilakukan untuk mendorong serapan anggaran, menggerakkan ekonomi, serta mendukung industri penerbangan. “Ada yang mengkritik terkait perjalanan dinas sekarang. Namun bila tidak dilakukan itu, pariwisata tidak akan jalan,” ujarnya.

Baca juga : Penyaluran Bansos Tepat Sasaran, Mensos Diingat Rakyat

Warganet ramai mengomentari rencana Luhut tersebut. Ada yang mengapresiasi, ada juga yang was-was. Khawatir pembukaan tempat wisata jus tru menjadi tempat penularan baru. Namun mayoritas warganet sepakat sudah bosan tinggal di rumah terus.

Hampir setiap hari berbagai keluhan soal itu hilir mudik di lini masa Twitter. Seperti yang disampaikan akun @bambangwidodo. Dia melihat di la pangan makin banyak anak-anak main sepeda, lari dan main kayanya. “Mungkin sudah sangat bosan di rumah terus. Saya juga,” ujarnya. Senada disampaikan @abiasep9.

Menurut dia, silakanberaktifitas.“Tapitetapjalankan protokol kesehatan,” ujarnya. Akun @inilahalex menilai, pembukaan tempat wisata artinya mengembalikan mata pencaharian orang-orang di sektor tersebut yang lebih dari 5 bulan mati karena pandemi. “Selama ini gak ada solusi,” ujarnya.

Baca juga : Dradjad Wibowo Yakin Meme Klepon Adalah Fitnah Jahat dan Pengalihan Isu

Akun @dwiyanadkm terus terang memuji Luhut. Menurut dia, Luhut begitu perhatian dalam memajukan tem pat wisata. “Pejabat Aceh sampai memberikan apresiasi,” ujarnya.

Sebagian lagi justru menyayangkan kebijakan ini. Mereka khawatir jumlah kasus positif corona bertambah banyak. “Kalau kasus positif makin banyak, nanti tempat wisata yang dijadikan kambing hitam sebagai pusat pandemi,” ujar @andreanjustito.

Akun @ucing2020 memberikan contoh serupa. Kata dia, semenjak pariwisata di Yogyakarta semakin di tingkatkan kembali, Yogya menda patkan kenaikan signifikan kasus positif Covid 19. “Kalau udah begini lemerintah pusat gak akan peduli,” ucapnya.

Baca juga : Sudah Tiga Kali Istri Nurhadi Mangkir, Sekarang Alasannya Sakit

“Pengennya sekolahan dulu yang dibuka normal. Bukan tempat liburan,” [email protected]@fitritash mengaku tak tergiur walau sudah bosan tinggal di rumah. “Kalau aku sih tetep gak akan. Gak mau ambil risiko,” pungkasnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.