Dark/Light Mode

Jokowi: Pandemi Covid-19 Momentum Percepatan Transformasi Digital

Senin, 3 Agustus 2020 13:21 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram/jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengintruksikan jajarannya untuk melakukan percepatan transformasi digital. Kepala Negara menegaskan, kondisi pandemi Covid-19 adalah sebuah momentum untuk melakukan tranformasi ini.

Baca juga : Menag : Perbanyak Porsi Daging Kurban Untuk Fakir Miskin

“Karena di masa pandemi maupun next pandemi, mengubah secara struktural cara kerja, cara beraktivitas, cara berkonsumsi, cara belajar, cara bertransaksi, yang sebelumnya offline dengan kontak fisik, menjadi lebih banyak ke online dan digital,” ujar Jokowi, dalam Ratas Perencanaan Transformasi Digital, yang diunggah channel Youtube Sekretariat Presiden, Senin (3/8).

Baca juga : Prancis Terasa Makin Romantis

Jokowi mengatakan, perubahan seperti ini perlu diantisipasi, dipersiapkan, dan direncakan secara matang. Pasalnya, menilik Survei lembaga IMD World Digital Competitiveness pada 2019, Indonesia berada di peringkat 56 dari 63 negara.

Baca juga : Pengamat Khawatir Bansos Covid-19 Dimanfaatkan Petahana Di Pilkada

Posisi ini, lebih rendah dari sejumlah negara tetangga di ASEAN. Misalnya Thailand, yang menempati posisi ke-40, Malaysia di posisi ke-26, dan Singapura di peringkat kedua. “Oleh sebab itu, perlu menjadi perhatian kita bersama,” tegas Presiden. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.