Dark/Light Mode

Pemerintah Back-Up MotoGP Mandalika

Selasa, 26 Februari 2019 10:01 WIB
Menpora Imam Nahrawi menerima audiensi Direktur Utama PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansyur  (paling kanan) di Ruang Rapat Lantai 10 Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin, (25/2). (Foto : kemenpora.go.id)
Menpora Imam Nahrawi menerima audiensi Direktur Utama PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansyur (paling kanan) di Ruang Rapat Lantai 10 Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin, (25/2). (Foto : kemenpora.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi menyatakan, pemerintah sangat mendukung penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021.

Politisi PKB itu berharap gelaran MotoGP ini nantinya bisa memberikan dampak positif yang lebih luas, tidak hanya bidang pariwisata dan ekonomi, akan tapi juga kebanggaan sebuah negara/nation branding melalui olahraga.

Baca juga : Berita Indonesia Jadi Magnet Di Malaysia

“Pemerintah akan bersama- sama memback-up, mendorong dan mengajak partisipasi publik yang lebih luas lagi agar hajat Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara MotoGP memberi gambaran kepada dunia bahwa Indonesia men- jadi negara yang sangat layak menjadi tuan rumah,” kata Imam saat ditemui Direktur Utama PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero/ Indonesia Tourism Development Coorporation (ITDC) Abdulbar M Mansyur di kantornya, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, ITDC memastikan telah bertemu langsung dengan pihak yang mengesahkan dipercayainya Indonesia sebagai tuan rumah Moto GP 2021 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga : Trump Siap Pidato Di Kongres

Asal tahu saja, PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia Persero/ Indonesia Tourism Development Coorporation (ITDC) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pariwisata untuk mengembangakan destinasi-destinasi pariwisata yang dipercaya mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus sirkuit berkonsep jalan raya di Mandalika.

Abdulbar M. Mansyur menlelaskan, Mandalika adalah kawasan seluas 1.175 hektar milik negara di Selatan Lombok, NTB. “Tanah kita punya tidak ada sengketa sama sekali dan juga kami telah menggaet investor untuk membangun sirkuit Mandalika beserta fasilitas infrastruktur pendukung lainnya dari Vinci Construction and Grands Projets yang merupa- kan kontraktor terbesar dunia,” katanya.

Baca juga : Anies: Pemerintah Butuh Tekanan Pers

Beberapa hal itu, lanjutnya, menjadikan Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah MotoGP pada 2021 hingga lima tahun kedepan dan dapat diperpanjang. Dengan ditandatanganinya dua kontrak dengan Dorna pada 28 Januari 2019 lalu di Madrid memastikan Indonesia menjadi tuan rumah dua jenis balapan motor berbeda bergengsi di dunia yakni Moto GP dan Motul Super Bike Race (SBK) yang dimulai pada Maret 2021.

“Sekarang kami membutuhkan support dari pemerintah pusat dan daerah untuk membangun semua hal terkait MotoGP. Semua ini bukan sekadar olahraga tapi juga nation branding karena negara tetangga sudah banyak yang punya seperti Singapura, Malaysia dan yang terbaru Thailand,” tuturnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.