Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diusung PDIP di Pilwalkot Medan

Mantu Jokowi Ogah Disebut Ingin Bangun Dinasti Politik

Rabu, 12 Agustus 2020 06:30 WIB
Bobby Nasution (Foto: Tangkapan layar Instagram/bobbynst)
Bobby Nasution (Foto: Tangkapan layar Instagram/bobbynst)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP resmi mengusung menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, sebagai calon Wali Kota Medan 2020 berpasangan dengan Aulia Rahman, politisi Partai Gerindra. Tapi, Bobby menolak pencalonannya dianggap ingin membangun dinasti politik.

Kemarin, PDIP mengumumkan calon kepala daerah-wakil kepala daerah tahap ketiga. Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut, partainya mengusung Bobby Nasution sebagai calon Wali Kota Medan. Suami Kahiyang Ayu itu akan berduet dengan politikus Gerindra, Aulia Rahman. 

Bobby membantah tengah membangun dinasti politik karena maju di Pilkada Kota Medan 2020. Bobby menegaskan, sebagai warga negara Indonesia memiliki hak untuk memilih dan dipilih dalam kontestasi politik elektoral lima tahunan. 

Baca juga : Jokowi Diisengin Netizen, Gak Ikut Disuntik Juga Pak?

“Kami sebagai warga negara Indonesia berhak ikut karena kami punya hak memilih dan dipilih. Itu suatu kewajaran bagi saya. Kami ingin membangun Kota Medan,” kata Bobby di Kantor DPD PDIP Sumatera Utara (Sumut), Jalan Jamin Ginting, Medan, kemarin. 

Bobby mengaku, dari awal tak pernah mendapat keistimewaan. Ia tetap mengikuti seleksi yang digelar PDIP. Setelah tahapan dilalui, Bobby akhirnya diusung bersama Aulia Rahman. “Tahapan itu saya lakukan karena itu kewajiban ditetapkan PDIP, tanpa melihat siapa calon kepala daerah di belakangnya, kami tetap ikuti skema,” akunya. 

Sementara, Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Bobby telah mengikuti berbagai tahapan ditetapkan PDIP. Penjaringan calon kepala daerah dilakukan adil dan terbuka. 

Baca juga : Jokowi Sematkan Bintang Ke Lawan-lawan Politiknya

Djarot mengklaim tak ada perlakuan khusus kepada Bobby, termasuk anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang diusung sebagai calon Wali Kota Solo. “Mas Bobby mengikuti semua tahapan. Partai tidak melihat orang perorang tapi kepentingan suatu wilayah,” katanya. 

Usung Ponakan Prabowo dan Anak Pramono Anung 
PDIP juga mengusung keponakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sebagai calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Sara, sapaan akrab Rahayu Saraswati ini, akan mendampingi Sekda Kota Tangsel Muhammad, yang diplot sebagai calon Wali Kota Tangsel. “Kota Tengarang Selatan, calon kepala daerah Muhammad. Wakilnya Rahayu Saraswati Djojohadikusumo,” kata Puan Maharani. 

Pengumuman calon kepala daerah ini mengambil momentum berdekatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus. Selain itu, PDIP juga mengusung anak Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramana, sebagai calon Bupati Kediri 2020. Hanindhito maju berpasangan dengan Ketua Fatayat NU Kediri, Dewi Mariya Ulfa. 

Baca juga : PDIP: Majunya Gibran Di Solo Bukan Dinasti Politik

PDIP juga mengusung anak Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Yuri Kemal Fadlullah sebagai calon Bupati Belitung Timur 2020. Yuri berpasangan dengan Nurdiansyah. Diketahui, Nurdiansyah memiliki pengalaman sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). “Di Pilkada Belitung Timur, PDIP mengusung Yuri Kemal Fadlullah dengan Nurdiansyah,” kata Puan. 

Pasangan Yuri-Nurdiansyah sebelumnya telah mendapatkan rekomendasi dari Perindo, yang memiliki dua kursi di DPRD Belitung Timur. Jumlah DPRD Belitung Timur adalah 25 kursi. PDIP memilik 4 kursi. Lalu, Nasdem, PKS, Gerindra, Hanura dan PBB masing-masing 3 kursi, Perindo dan Golkar masing-masing 2 kursi serta PAN dan Demokrat 1 kursi. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.